Tajam, Dipercaya, Independent

Kemendagri: 7.226 Ormas Tak Berbadan Hukum

gambar ilustrasi: net

JAKARTA – Pemerintah menyatakan dari ratusan ribu Organisasi Masyarakat (Ormas) di Tanah Air, terdapat ribuan yang tak berbadan hukum.

Direktur Ormas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, La Ode Ahmad Fidani mengatakan, ratusan ribu ormas yang terdata, terdaftar di beberapa lembaga dan Kementerian, antara lain di Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan HAM.

“Jumlah ormas, berdasarkan data sampai dengan 6 Juli 2017, jumlahnya sebanyak 344.039 organisasi, ” kata La Ode Ahmad Fidani seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Dalam Negeri, Senin (30/10/2017).

La Ode melanjutkan, dari data di Kemdagri, tercatat ada 370 ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Sementara di Kementerian Luar Negeri, ada 71 ormas yang didirikan oleh Warga Negara Asing. Sedangkan yang terdata di daerah, lebih banyak lagi.

“Untuk tingkat provinsi, tercatat ada 7.226 ormas tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT),” katanya.

Sedangkan ormas yang tercatat di pemerintah daerah kabupaten dan kota, sebanyak 14.890 ormas. Belasan ribu ormas tersebut, tidak berbadan hukum dalam bentuk Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Sementara di Kemenkumham, ada 321.482 organisasi yang berbentuk Yayasan dan Perkumpulan.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2017/10/31/kementerian-dalam-negeri-7226-ormas-tak-berbadan-hukum

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s