Tajam, Dipercaya, Independent

Mulai 1 November, Kepolisian RI Mulai Laksanakan Operasi Zebra 2017

Tembilahan, detikriau.org – diawali tanggal 1 November 2017 pekan depan, Kepolisian Negara Republik Indonesia mulai melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Zebra 2017. Kegiatan yang juga mengikutsertakan POM TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama 14 Hari.

“Operasi Zebra ini merupakan Operasi Cipta Kondisi dengan tujuan Menciptakan Kamseltibcar lantas menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menimalisir terjadinya kemacetan dan kesemrautan kota serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.” Sampiakan Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung SIK melalui Kabag Ops Kompol Maison, SH, didampingi Kasat Lantas AKP Jusli, SH, dalam rapat koordinasi Internal, di Ruang Tri Brata Polres Indragiri Hilir, Kamis, 26/10/2017.

Ditambahkan Kompol Maison, operasi yang mengedepankan fungsi Lantas ini mengutamakan penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, namun upaya – upaya preemtif dan preventif, berupa himbauan dan sosialiasi juga terus digalakan.

“Selain dari Personel Polri sendiri, operasi ini juga melibatkan Personel stakeholder terkait, dari POM TNI, Sat Pol PP, Dishub, Kesehatan dan Jasa Raharja”, katanya

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Lantas, AKP Jusli mengatakan bahwa Target dari Operasi Zebra ini adalah pengemudi kendaraan bermotor yang  tidak  menggunakan helm (termasuk yag mempergunakan Helm non SNI), pengendara yang tidak membawa surat – surat kelengkapan berkendaraan (SIM dan STNK), pengemudi kendaraan bermotor yang membawa kendaraan tidak dilengkapi dengan kaca spion, penggunaan knalpot non standar, kendaraan bermotor yang menggunakan lampu isyarat lalu lintas (rotator/blitz) dan sirine, serta kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang..

“Target lain, adalah pengendara kendaraan bermotor yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal seperti melawan arus”, diterangkan AKP Jusli.

Untuk itu, AKP Jusli berharap kepada masyarakat Tembilahan dan Kabupaten Indragiri Hilir, dapat melengkapi kendaraannya dengan perlengkapan yang standar serta membawa surat – surat kendaraan saat melakukan perjalanan./ Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s