Tajam, Dipercaya, Independent

Ini Alasan Antusiasme Bupati Inhil Perjuangkan Penyelamatan Perkebunan Kelapa

Tembilahan, detikriau.org – Lebih dari 70 persen masyarakat Inhil bergantung pada sektor perkelapaan. Dari total lebih kurang 464.271 hektar areal perkebunan di Inhil, sebagian besar adalah milik masyarakat sehingga hal inilah yang menjadi salah satu alasan antusiasme Pemkab Inhil untuk memperjuangkan penyelamatan perkebunan kelapa masyarakat.

“Mau tidak mau dalam hal ini, tentu harus ada peran pemerintah pusat. Minimal dalam mencarikan investor dibidang perkelapaan. Dengan begitu bisa membantu menyelamatkan perkebunan kelapa yang ada,” Ujar Bupati Inhil HM Wardan kemaren di Tembilahan.

Diterangkan Bupati, dari total luasan areal perkebunan kelapa itu, 392.752 adalah areal perkebunan kelapa dalam dan 71.519 Ha kelapa hibrida sehingga total luasan kebun kelapa 464.271 Ha sama dengan12,78 persen dari luasan perkebunan kelapa nasional.

Namun saat ini sebagian kebun kelapa tengah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya perkebunan kelapa yang sudah tidak produktif.

“Masih banyaknya kelapa berusia tua, sekitar 60 persen di atas usia 40 tahun atau sudah tidak produktif, bahkan banyak perkebunan beralih fungsi.” Sampaikan Bupati./Am/Adv

Save

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s