Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati Inhil Tandatangani MoU Penelusuran Dan Pembinaan Siswa / I Berprestasi Dalam Penerimaan Calon Anggota Polri

Tembilahan, detikriau.org – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan bersama Kepolisian Resor (Polres) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penelusuran dan Pembinaan Siswa / i yang berprestasi dalam penerimaan Calon Anggota Polri di Aula Bappeda Inhil, Selasa (17/10/2017) pagi.

Penandatanganan MoU dilakukan dengan tujuan memberikan kesempatan bagi pemuda / i Inhil yang berprestasi untuk menjadi bagian dari Kepolisian Republik Indonesia.

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan berharap dengan adanya penandatanganan ini, peluang putra – putri Inhil akan semakin terbuka untuk mewujudkan cita – cita menjadi anggota Polri.

“Sudah sepatutnya perekrutan merupakan putra-putri terbaik dan dapat di terima menjadi anggota Polri dari Kabupaten Inhil,” tukas Bupati.

Kepada instansi terkait, Bupati meminta agar dapat menindaklanjuti kesepakatan tersebut. Langkah yang bisa diambil oleh insyansi terkait, lanjut Bupati, ialah dengan melakukan pemantauan terhadap para siswa yang berprestasi dalam berbagai bidang, seperti akademik, seni  dan olahraga.

“Lakukan pemantauan di setiap sekolah, khususnya kepada Siswa / i yang kurang mampu dan menjadi prioritas utama,” mintanya.

Kedepan, Bupati berharap, melalui MoU yang sudah disepakati, terdapat banyak putra / i Inhil yang menjadi anggota Polri.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil menyatakan siap sedia untuk membuat program melalui Dinas Pendidikan,” pungkas Bupati.

Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung mengatakan, di era globalisasi ini upaya meraih kesuksesan tidak cuma ditentukan dari sisi kemampuan keuangan yang dimiliki, melaunkan juga berasal dari faktor Sumber Daya Manusia yang berkualitas, mampu menghadapi segala bentuk ancaman dan gangguan.

“Pengalaman selama ini dalam perekrutan anggota Polri di daerah – daerah terpencil kalah bersaing dengan Ibu Kota Provinsi ini bukan disebabkan karena mereka bodoh, mereka orang-orang yang berpretasi di daerahnya. Tetapi apabila bersaing dengan anak-anak Provinsi mereka kalah karena kualitas pendidikan yang mereka terima itu jauh sekali,” kata Kapolres.

Untuk itu, Kapolres berharap, pihak Pemerintah Daerah dapat melakukan pemantauan kepada anak-anak yang berasal dari daerah sehingga bisa diberikan pendidikan dan pelatihan.

“Kita didik dan latih mereka sehingga bisa setara dengan anak-anak yang dari Kota apabila mereka mengikuti tes menjadi anggota Polri,” ujarnya.

Kendati demikian, Kapolres Inhil menegaskan, pola pendidikan dan pelatihan sesuai kesepakatan ini, tidak bertujuan untuk memberikan kepastian para pesertanya yang notabene adalah siswa / i Inhil yang berprestasi menjadi Anggota polri. Tetapi, diharapkan setelah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan, siswa / i berprestasi ini mampu menunjukkan kualitas diri guna mengikuti tes dan menjadi Anggota POLRI./diskominfo-inhil/rls/adv

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s