Tajam, Dipercaya, Independent

Hingga Batas Akhir Pendaftaran Verifikasi Parpol di Inhil, 12 Parpol dinyatakan Lengkap dan 5 Parpol Dapatkan Perpanjangan Waktu

komisoner KPU Inhil M Dong. Foto: Net

Tembilahan, detikriau.org – Hingga batas akhir pendaftaran verifikasi parpol per tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00 Wib, 12 Partai Politik di Kabupaten Inhil dinyatakan menyerahkan secara lengkap seluruh dokumen persyaratan dan  5 Parpol diberikan perpanjangan waktu hingga 1 x 24 jam.

Pernyataan ini disampaikan oleh Komisioner KPU Inhil M Dong kepada detikriau.org diruang kerjanya, selasa (17/10/2017)

Diterangkannya, ke 12 Parpol yang telah dinyatakan menyerahkan seluruh dokumen persyaratan secara lengkap adalah; PERINDO, PBB, PPP, PSI, NASDEM, PDIP, GOLKAR, PAN, HANURA, PKS, GERINDRA DAN PARTAI GARUDA.

Sedangkan 5 Parpol yang sudah menyerahkan dokumen tetapi dinyatakan belum lengkap adalah Partai DEMOKRAT, BERKARYA, PKPI, IDAMAN DAN PKB.

Menurut M Dong, Atas dasar surat edaran KPU RI yang diterima pihaknya pada tanggal 16/10/2017 pukul 20.00 WIB menerangkan bahwa kepada Parpol yang sudah menyerahkan dokumen dan sudah  diberikan kesempatan untuk melengkapi tetapi hingga Senin tanggal 16/10/2017 pukul 24.00 belum juga mampu melengkapi maka masih diberikan perpanjangan waktu selama  1×24 jam terhitung pukul 00.00 tadi malam hingga pukul 24.00 Selasa (17/10/2017).

“Artinya ke lima Parpol yang dokumennya sudah diserahkan dan masih belum lengkap masih mendapatkan perpanjangan waktu hingga pukul 24.00 Wib malam ini,” diterangkan M Dong

Ditambahkan M Dong, disamping ke 17 Parpol tersebut diatas, Partai Rakyat juga sudah melapor ke KPU Inhil namun tidak membawa dan menyerahkan dokumen. “Artinya Partai Rakyat tidak masuk dalam kategori yang berhak mendapatkan perpanjangan waktu selama 1×24”

Untuk mendaftar di KPU Inhil, Parpol dikatakan M Dong menyertakan 3 jenis dokumen, yakni Dokumen lampiran F2 berupa rekapitulasi nama-nama anggota Parpol di Inhil, Salinan Kartu Tanda Anggota sesuai jumlah yang dilampirkan pada dokumen F2 dan Salinan KTP atau Surat Keterangan yang jumlahnya juga sebanyak jumlah lampiran pada dokumen F2.

Proses berikutnya, setelah berakhirnya masa pendaftaran, Pihak KPU akan melakukan proses verifikasi selama 1 bulan sejak tgl 17 okt 2017 hingga 15 november 2017. Verifikasi adm ini berupa Verifikasi  kepengurusan, kta, dan ktp.

“Namun untuk Parpol baru yakni yang bukan peserta pemilu 2014 akan dilakukan proses verifikasi factual.” Akhirinya./Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s