Tajam, Dipercaya, Independent

Hingga hari Ini, Belum Satupun Parpol di Inhil Daftar Sebagai Peserta Pemilu 2019

Tembilahan, detikriau.org – Sejak dibuka pada selasa 3 oktober 2017 yang lalu, hinga hari ini, Kamis (12/10/2017) belum ada satupun partai politik yang melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran sebagai calon peserta pemilu 2019 di KPUD Inhil.

Menurut keterangan Ketua KPUD Inhil, Suhaidi kepada detikriau.org melalui sambungan telepon selularnya, pemberlakuan sistem informasi partai politik (sipol) yang baru diberlakukan secara penuh pada pemilu kali ini menjadi salah satu alasan keterlambatan parpol untuk melakukan pendaftaran.

“Hingga hari ini belum ada satupun parpol yang mendaftar karena belum melengkapi persyaratan. Salah satu sebab dikarenakan pemberlakuan sipol yang baru diterapkan secara penuh pada pemilu kali ini,” Ujar Suhadiri

Dikatakan Suhadi, saat ini sejumlah parpol terus melakukan koordinasi dengan pihaknya. “Sudah ada yang mulai akan mendaftar tapi ya itu, Sifatnya masih berkoordinasi sambil melengkapi kekurangan persyaratan,” ditambahkannya.

Nantinya, dilanjutkan pria yang menyandang gelar kehormatan Ustadz ini, hingga batas akhir pendaftaran di tanggal 16 oktober 2017, berapapun jumlah parpol yang mendaftar dan melengkapi peryaratan maka jumlah itulah yang akan dirangkum dan dilaporkan.

Dikutip melalui laman republika.co.id, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan, mengatakan partai politik harus menyelesaikan mengisi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dahulu sebelum mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019. KPU menegaskan kebijakan penyelesaian pengisian Sipol berlaku bagi semua parpol yang ingin mengikuti pemilu mendatang.

“Parpol penting melakukan input kepada Sipol. Harus di-input data hingga 100 persen dahulu, baru kemudian parpol tersebut dapat mendaftarkan diri ke KPU, ” ujar Viryan kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Dia melanjutkan, jika parpol belum tuntas memasukkan data ke Sipol maka yang bersangkutan belum bisa mendaftar ke KPU. “Kalau belum 100 persen diinput ya belum bisa,” tegas Viryan.

Viryan pun menjelaskan bahwa sifat pengisian Sipol adalah wajib. Alasannya, saat ini ada 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Data teknis terkait kepengurusan dan keanggotaan parpol untuk kepentingan pendaftaran bisa mencapai ratusan hingga ribuan lembar. Viryan menuturkan Sipol bertujuan menertibkan proses pendaftaran parpol.

“Sipol berguna untuk menghindari kejadian yang tidak tertib atau tidak efisien selama pendaftaran parpol,” tutur dia.

Untuk sekedar diketahui, pendafataran peserta Pemilu dibuka sejak Selasa (3/10) hingga Senin (16/10) mendatang atau selama 14 hari. Pendaftaran pada hari pertama hingga hari ke-13 dibuka sejak pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.Sementara itu, pendaftaran pada hari ke-14 dibuka sejak pukul 08.00 WIB- 24.00 WIB./Am/*

 

 

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s