Tajam, Dipercaya, Independent

Pemkab Inhil Kampanyekan Keselamatan Pelayaran Tahun 2017

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil Afrizal Menyerahkan dan Memakaikan Life Jacket.

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kampanye keselamatan pelayaran tahun 2017 di Aula salah satu Hotel di kota Tembilahan, Rabu (11/10/2017).

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Asisten I bidang Perekonomian dan Pembangunan  Setda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Drs H Afrizal MP dan dihadiri perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Kepala Dishub Inhil, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan se-Inhil, GM PT Pelindo I Tembilahan, Kepala Cabang (Kacab) PT Jasa Raharja Riau, Kacab PT Biro Klasifikasi Indonesia Pekanbaru, Ketua DPD Pelayanan Rakyat (Pera) Riau, Ketua Pelra Inhil dan sejumlah peserta kegiatan.

Kampanye ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam rangka menciptakan tata hubungan kerja yang lebih harmonis dan terpadu demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan kampanye ialah untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai regulator, tetapi juga tanggung jawab operator dan seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

Dan perlu diketahui, acara ini diisi dengan pemaparan dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, juga penyerahan bantuan peralatan keselamatan berupa life jacket oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil beserta rombongan kepada masyarakat.

“Sebagian besar wilayah Inhil adalah perairan sehingga transportasi laut memiliki peranan penting bagi masyarakat. Dengan meningkatnya aktifitas kapal laut, baik yang melewati perairan Inhil maupun berlabuh maka diperlukan berbagai upaya kita bersama untuk menciptakan tertib berlabuh, tertib bongkar muat, dan aman berlayar,” kata Asisten I.

Kepada para agen perusahaan pelayaran kapal, dihimbaunya untuk lebih memperhatikan ketertiban berlabuh. Alat keselamatan transportasi sungai dan laut harus memenuhi standar keselamatan pelayaran. Karena keselamatan penumpang harus menjadi prioritas penyedia moda transportasi.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut Dishub Provinsi Riau, Yulmeindri ST MT menyambut baik kegiatan ini sebagai komitmen bersama.

“Hal ini merupakan suatau upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di transportasi laut”, ujarnya.

Dan diingatkan, bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pelaut, dan masyarakat pengguna jasa angkutan laut.

“Karena lebih dari 80 persen kasus kecelakaan disebabkan oleh kelalaian manusia. Diharapkan kepada pengguna jasa dapat meningkatkam kesadaran betapa pentingnya menjaga keselamatan pelayaran”, tutupnya./mirwan/adv

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s