Tajam, Dipercaya, Independent

H Mariyanto Sarankan Baznas Inhil Tidak Urusi Korban Bencana dan Orang Sakit

“Dana umat itu jangan disimpan. Kalau ditumpuk nanti akan bahaya”

Wakil Ketua DPRD Inhil H Mariyanto (kanan) saat menyampaikan masukan pada rapat dengar pendapat bersama Baznas Inhil diruang rapat Banggar gedung DPRD Inhil senin (9/10/2017)

Tembilahan, detikriau.org – Wakil Ketua DPRD Inhil H Mariyanto menyarankan agar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhil untuk tidak mengurusi persoalan korban bencana dan orang sakit. Penanganan terhadap kedua persoalan ini menurutnya sudah diurus oleh Negara.

“Saran saya Baznas Inhil tak usahlah lagi mengurusi persoalan itu. Korban bencana sudah ditangani oleh Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana. Sedangkan orang sakit, ditanggung melalui Kartu Indonesia Sehat maupun BPJS,” Ujar Politisi PDI-P Inhil bergelar Doktor ini saat digelar rapat dengar pendapat bersama Baznas Inhil diruang banggar gedung DPRD Inhil jalan HR Subrantas Tembilahan, senin (9/10/2017)

Untuk persoalan zakat, mariyanto memintakan kepada Baznas Inhil untuk segera menyalurkan kepada kelompok orang yang memang sudah ditentukan menurut aturan agama sebagai penerimanya. “jadi dana umat itu jagan disimpan. Kalau ditumpuk nanti akan bahaya,” Peringatinya

Menjawab Hal ini, perwakilan Baznas Inhil Firmansyah menegaskan bahwa penyaluran zakat kepada dua kelompok ini adalah dua hal yang saat ini yang hanya dibenarkan oleh Baznas Provinsi untuk mendapatkan penyaluran zakat. Namun menurutnya pertimbangannya tentu tetap harus berdasarkan 8 asnaf penerima zakat.

Diterangkan Firman, Dana yang disalurkan kepada mayarakat penerima yang dilakukan Baznas saat ini adalah dana yang masuk pada periode tertanggal 12 april 2017 Sampai sekarang.  Dana zakat senilai Rp 1,5 Miliaran yang telah terkumpul itu sudah disalurkan kepada penerima sebanyak Rp 600 juta lebih.

Terhambatnya penyaluran dana zakat menurutnya lebih disebabkan adanya pelarangan dari Baznas Provinsi. “Demi Tuhan bukan kami menahan-nahan untuk penyalurannya. Tapi memang ada pelarangan dari Baznas Provinsi terkait adanya audit atas keuangan pada periode kepengurusan sebelumnya.” Akhiri Firman./dro

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s