Tajam, Dipercaya, Independen

Kemenag Inhil Kumpulkan Jutaan Rupiah Untuk Rohingya

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Kantor Kemenag Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 9 juta lebih sebagai bentuk partisipasi meringankan beban penderitaan yang menimpa muslim rohingya.

Kepala Kemenag Inhil Drs Azhari Syukur mengatakan, bantuan tersebut berhasil dihimpun dari infak serta sukarelawan unsur kemenag  termasuk guru dan siswa siswi melalui sekolah sekolah yang ada di kabupaten Inhil.

“Kita imbau kepada unsur yang berada dibawah naungan kemenag Inhil agar bersedia meluahkan sedikit rezekinya untuk membantu saudara kita yang tengah didera musibah sesuai dengan surat edaran yang masuk kepada kemenag Inhil untuk melakukan penggalangan dana,” ujar Azhari, kemarin.

Ia mengatakan, penggalangan dana tersebut dilakukan dengan mengintruksikan unsur kemenag termasuk seluruh sekolah yang ada di Inhil agar turut berpartisipasi memberikan bantuan kepada muslim rohingya.

Adapun tujuan bantuan tersebut tidak lain adalah untuk meringankan beban yang menimpa saudara kita yang terkena musibah di sana.

Ditambahkan, penggalangan dana tersebut sudah selesai dilakukan dan nominal angka yang diperoleh telah disalurkan ke Kemenag Provinsi untuk selanjutnya diteruskan ke rohingya.

Atas bantuan yang diminta, diakui, pihaknya sama sekali tidak mengkondisikan secara paksaan atas bantuan yang diminta.

“Jika ingin membantu Alhamdulillah, jika tidak pun tidak akan dipermasalahkan. Begitupula dengan nominal bantuan, berapapun jumlahnya tetap diterima,” tuturnya.

Pada intinya, dirinya tidak begitu mengerti apa motif yang melatar belakangi masalah yang menimpa muslim rohingya, sehingga menimbulkan musibah hingga kekerasan sedemikian.

Yang jelas, terlepas dari unsur agama, muslim rohingya adalah manusia dan sesama manusia sudah diwajibkan atas kita untuk saling membantu sebagai bentuk solidaritas dan rasa persaudaraan terlebih kepada mereka yang sedang mengalami musibah.

“Kita juga mengecam keras segala bentuk kekerasan termasuk yang dialami saudara kita. Mereka saudara kita sudah sewajarnya kita peduli,” tambahnya.

Untuk itulah, ia berharap semoga dengan adanya bantuan yang diberikan mampu meringankan beban dan segala penderitaan yang dialami muslim rohingnya./Mirwan

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.