Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati Inhil Paparkan Strategi Jitu Untuk Mencapai Produksi Pangan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri pertemuan teknis penyuluh pertanian se-Kabupaten Inhil di Aula Grend Hotel Jalan Batang Tuaka, Tembilahan, Selasa (3/10/2017).

Pagi itu, Bupati memaparkan dalam upaya pencapaian produksi pangan itu ada beberapa strategi yang mesti ditempuh. Beberapa strategi tersebut diantaranya pengembangan sarana prasarana, contoh saja pembangunan atau rehab jaringan irigasi, penyediaan alat dan mesin pertanian.

Kemudian, peningkatan produktivitas melalui penggunaan benih unggul, pupuk serta penerapan teknologi yang berkembang saat ini seperti Jajar Legowo.

Perluasan areal tanam juga dianggap penting, dan ini dilakukan melalui peningkatan Intensitas Pertanaman (IP) dari satu kali dalam setahun menjadi dua kali. Selanjutnya pengamanan produksi, seperti pengendalian hama dan penyakit, pengendalian anomali iklim yakni kekeringan dan kebanjiran.

“Disamping itu juga perlu pengolahan dan pemasaran hasil seperti penyediaan peralatan pasca panen untuk meningkatkan kualitas hasil agar kerja keras bernilai lebih tinggi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Wardan, penguatan kelembagaan pertanian juga perlu seperti, kelembagaan kelompok tani yang terdaftar dalam Simluhtan dan penguatan kelembagaan penyuluh.

Dengan demikian, Bupati menekankan untuk mengoptimalkan fungsi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sebagai pusat informasi pertanian dan home base PPL dalam upaya pemecahan masalah di wilayah kerjanya serta lainnya. Termasuk pemberdayaan Gapoktan dan kelompok tani.

“Saya menganggap ekonomi kerakyatan itu berkembang dari tingkat desa, dan di desa didominasi petani. Dengan keberhasilan pertanian tentu akan mengangkat percepatan ekonomi pedesaan untuk mendorong sektor yang lain,” tutupnya./Mirwan/adv

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s