Tajam, Dipercaya, Independent

Kembali Pertanyakan Kejelasan Penglolaan Zakat oleh Baznas Inhil, Fokus Ornop Layangkan Surat Permintaan Klarifikasi

Tembilahan, detikriau.org – Forum Komunikasi Organisasi Non Pemerintah (Fokus Ornop) Kabupaten Indragiri Hilir menyatakan pihaknya telah melayangkan permintaan klarifikasi secara tertulis kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhil.

Surat bernomor 003/FO/IX/2017 tertanggal 22 September 2017 yang diterima detikriau.org melalui pesan WhatsApp itu berisikan permintaan klarifikasi tentang adanya  informasi yang diterima Fokus Ornop dari masyarakat perihal pendistribusian, penerimaan dan pengelolaan zakat di Kabupaten Inhil, terhitung sejak Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1438 H hingga melewati Hari Raya Idul Adha 1438 H yang belum juga disalurkan.

Sekjen Fokus Ornop, Indra Gunawan menyampaikan bahwa pernyataan Ketua Baznas Inhil HM Yunus Hasby menjawab komfirmasi atas perihal penyaluran zakat oleh Baznas Inhil yang dimuat di laman detikriau.org , 10 september 2017 yang lalu dinilai belum mengklarifikasi secara jelas polemik terkait persoalan ini yang berkembang ditengah masyarakat.

“Kami menilai komfirmasi yang diberikan ketua Baznas Inhil saat itu belum menjawab apa yang menjadi pertanyaan masyarakat. Karenanya kami memandang perlu untuk memintakan klarifikasi secara tertulis untuk mendapatkan jawaban yang terang dan jelas,” Ujar Indra Gunawan kepada detikriau.org melalui sambungan selularnya, selasa (26/9/2017)

Diterangkan Indra, melalui surat klarifikasi yang ditembuskan kepada Bupati Inhil, Ketua DPRD Inhil, kapolres Inhil,Kepala Kejaksaan Negri, Kepala Pengadilan Negri, Kemenag Inhil, Ketua MUI Inhil serta seluruh NGO yang tergabung didalam Fokus Ornop itu memintakan jawaban terang perihal;

  1. apa yang menjadi dasar hukum dan alasan pihak Baznas Inhil yang menyatakan bahwa pihaknya belum dibenarkan untuk menyalurkan dana Zakat kepada masyarakat yang telah di data di tiap RT/RW dan sudah pula diserahkan kepada pihak Baznas Inhil, sementara dana para pembayar zakat terus mengalir dan diterima oleh Baznas Inhil. (atau apakah Baznas Inhil memang sudah beralih-fungsi menjadi Badan Sosial yang mengurus Musibah dan orang sakit).
  2. Apakah dapat dibenarkan ketika seseorang yang mengeluarkan zakat harta dan ingin disalurkan melalui Baznas Inhil bisa melewati hari dan ketentuan yang wajib disalurkan, yang semestinya hak dan kewajiban sudah dilaksanakan.
  3. Seperti apakah sistem pengelolaan, penyimpanan, pengamanan dan penyaluran keuangan zakat yang diterima oleh Baznas Inhil selama kepemimpinan HM Yunus Hasby, termasuk juga pungutan zakat yang dibebankan kepada ASN Inhil yang ditarik setiap bulannya.

“Kami berharap secepatnya akan mendapatkan jawaban atas permintaan klarifikasi ini agar polemik yang berkembang ditengah masyarakat saat ini dapat segera terjawab,” Akhiri Indra. /dro

Iklan

1 Response »

Trackbacks

  1. Sikapi Laporan Fokus Ornop, Komisi IV DPRD Inhil lakukan RDP Dengan Baznas Inhil – www.detikriau.org

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s