Tajam, Dipercaya, Independent

Rangkaian Kegiatan Iven Wisata Reiligi Gema Muharam, Bupati Inhil Hadiri Tabliq Akbar di Masjid Al-Huda

Tembilahan, detikriau.org – Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menghadiri Tabligh Akbar bersempena Gema Muharram 1439 H, Kamis malam (21/9/17) di Masjid Agung Al Huda Tembilahan.

Tabligh Akbar malam ini menghadirkan penceramah Ustadz Maruli Ashari Hasibuan, pemenang I Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar Tahun 2016. Tampak kaum muslimin memenuhi masjid kebanggaan masyarakat Inhil ini.

Bupati Inhil H Muhammad Wardan menyampaikan, kegiatan Tabligh Akbar ini merupakan bagian dari rangkaian iven Wisata Religi Gema Muharram yang dilaksanakan tiap tahun.

Rangkaian kegiatan Gema Muharam tahun ini diawali dengan Doa Peralihan Tahun, yang sudah dilaksanakan kemaren sore, tabligh akbar malam ini dan akan disusul berbagai Lomba Seni bernuansakan islami dan ditutup dengan Tabligh Akbar di Lapangan Upacara Jalan Gajah Mada Tembilahan, tanggal 10 Muharram.

“Kegiatan Gema Muharram di Indragiri Hilir ini sudah menjadi iven wisata Provinsi Riau yang tiap tahun akan dilaksanakan. Ini adalah langkah-langkah kita dalam upaya menyemarakkan syiar Islam,” ungkapnya.

Disebutkan, di Kabupaten Inhil sangat banyak memiliki ragam budaya islam yang diadakan oleh masyarakat, saat memperingati har-harii besar Islam, seperti pada peringatan Maulid dan Isra dan Mi’raj, termasuk peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram.

“Maka, pada peringatan Iven Wisata Religi Gema Muharram tahun ini, saya mengangkat satu nilai budaya yang sering dibuat oleh masyarakat pada saat perayaan hari besar Islam, yakni Tabak bunga telur. Insya Allah, akan memecahkan rekor MURI dengan ratusan ribu butir Tabak bunga telur,” sebutnya.

Tabak bunga telur adalah hiasan berupa telur ayam yang sudah dimasak, dibalut dengan berbagai ornamen kertas/plastik, diikat dengan benang pada seutas bilah bambu, dan ditancapkan pada beras ketan yang dimasak dan ditempatkan dalam suatu wadah.

Untuk itu, beliau mengharapkan partisipasi semua pihak, para pengurus masjid/ mushalla, kantor pemerintahan, perusahaan dan pihak kecamatan menyumbangkan Tabak bunga telur guna mendukung kegiatan ini.

Pada Iven Wisata Religi Gema Muharram tahun ini, selain menjadwalkan akan mengundang Gubri, panitia juga akan mengundang Menteri Agama RI.

“Kita akan mengundang Menteri Agama RI untuk hadir pada puncak peringatan Gema Muharram,” imbuhnya.

Ustadz Maruli Ashari Hasibuan dalam uraian tausiyahnya menyampaikan, mengenai makna hijriah dalam kehidupan seorang muslim untuk menuju kehidupan yang lebih baik, di dunia dan di akhirat./diskominfo-inhil/rls/adv

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s