Tajam, Dipercaya, Independent

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tanjung Rhu, PKPU HIR Awali Dengan Pelatihan Bengkel Las

Pekanbaru, detikriau.org – PKPU Human Initiative Riau memulai kegiatan pelatihan bengkel las di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Riau. Sabtu (16/9/2017) akhir pekan lalu.

Kegiatan yang diikuti 10 peserta ini mulai dilakukan setelah PKPU Human Initiative Riau dan PT Pertamina (Persero) TBBM Sei Siak meresmikan pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di kelurahan Tanjung Rhu, pada Kamis (14/9/2017).

Program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat kelurahan Tanjung Rhu dilakukan dengan 4 program unggulan yaitu Pelatihan Bengkel Las, Budidaya lele, Ternak Bebek Telur dan pengolahan eceng gondok menjadi pupuk.

“Hari ini kita memulai dengan pemberian pelatihan bengkel las dengan total peserta sebanyak 10 orang penerima manfaat.” Sampaikan Pendayagunaan PKPU Human Initiative Riau, Eko Raharjo melalui pesan email kepada detikriau.org, rabu (20/9/2017)

Pembukaan pelatihan bengkel las ini dilakukan secara langsung oleh sekeretaris jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau, Febil Huda, ST., MT., Ph. D.

Dalam sambutannya, Febil mengungkapkan bahwa pendidikan softskill saat ini sangat dibutuhkan, apalagi persaingan di dunia kerja sangatlah berat. “Sehingga kita harus memiliki kemampuan yang memang dibutuhkan oleh dunia kerja.” Ujar Febil

Di awal pelatihan, setiap penerima manfaat akan di berikan materi dasar pengelasan tentang las karbit dan las listrik.

Sementara itu, Dadhe, Fasilitator Program bengkel las ini menuturkan bahwa program ditujukan kepada anak-anak muda yang memiliki komitmen dan kemauan untuk maju. Sebab untuk menjawab tantangan didunia kerja bukan hanya skill yang penting tapi komitmen dan kemauan untuk maju yang memiliki peran besar dalam meraih keberhasilan.

“Program ini sudah kita atur agar setiap peserta akan mendapatkan pelatihan pengelasan, selanjutnya dilaksanakan magang yang bertujuan mengasah kemampuan dan nantinya kita laksanakan sertifikasi yang langsung di lakukan oleh BSN” Jelas Dadhe

Diterangkannya, pelaksanaan program kali ini akan dilaksanakan pelatihan pengelasan sebanyak 2 kali dalam seminggu, selanjutnya penerima manfaat akan dimagangkan di bengkel atau workshop pengelasan. Di akhir program akan dilakukan sertifikasi oleh BSN. Program bengkel las ini akan menjadi program yang diberikan secara bertahap.

“Di tahapan awal ini, bantuan program lebih menitik beratkan agar setiap penerima manfaat memiliki skill dalam mengelas yang sudah sesuai syarat di dunia kerja melalui sertifikasi oleh BSN.” Akhiri Dadhe./Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s