Tajam, Dipercaya, Independent

Kodim 0314/Inhil Wacanakan Nobar Film Pengkhianatan G30S PKI

“Perintah Panglima TNI. Nobar direncanakan pada 30 September 2017”

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Kodim 0314/Inhil berencana menggelar nonton bareng (Nobar) film Pengkhianatan G30S PKI. Hal ini sesuai perintah dari Panglima TNI, Jendral TNI Gatot Nurmantyo untuk memutar film yang dirilis pada tahun 1984 tersebut.

Bahkan pihak Kodim akan melakukan penayangan kembali film yang disutradarai Arifin C Noer tersebut secara serentak di seluruh Koramil yang ada di Jajaran Kodim 0314/Inhil.

“Rencananya akan kita gelar pada hari H yaitu pada tanggal 30 September mendatang. Untuk di Kodim akan kita lakukan di depan markas Kodim 0314/Inhil dan untuk Koramil akan kita lakukan di masing-masing Kantor Koramil,” ungkap Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Jey Hadianto, Selasa (9/9/2017).

Lebih lanjut Jey mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan dilakukannya nobar film G 30 S PKI para masyarakat terutama pada anak muda mengetahui tentang kekejaman PKI dan juga ditujukan untuk memperkuat pondasi ideologi pancasila.

“Tentunya kita berharap terutama kepada generasi muda mengetahui tentang kekejaman PKI dan juga untuk memperkuat pondasi ideologi pancasila dan mengingatkan bahwa ideologi pancasila kita pernah diuji eksistensinya oleh komunis di masa lalu,” ungkapnya.

Nobar film Penumpasan G30S PKI itu menurut Jey Hadianto juga untuk membentengi diri, khususnya generasi muda dari pengaruh-pengaruh ideologi lain.

“Saya khawatir generasi muda sekarang bukan lupa peristiwa G 30 S PKI, tapi justru saya khawatir jangan-jangan mereka tidak tahu akan peristiwa itu,” katanya

Untuk itu kata Jey kembali, generasi muda perlu muda diberitahu tentang peristiwa tersebut, dimana kejadian itu merupakan penggalan sejarah kelam yang tidak boleh terlupakan.

“Ingat pesan proklamator kita, Ir.Soekarno ‘jas merah’, jangan Sekali kali Meninggalkan Sejarah. Generasi muda perlu diingatkan sejarah masa lalu,” ujarnya.

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s