Tajam, Dipercaya, Independent

Prihatin Dengan Penderitaan Etnis Rohingya, Bupati Inhil Ajak Masyarakat Lakukan Doa Bersama

Foto: Bupati Inhil HM Wardan saat menyampaikan Khutbah di Masjid Agung Al Huda Tembilahan pada Sholat Idul Adha 1438 H

Tembilahan, detikriau.org  – Krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar betul-betul mengusik perhatian banyak pihak. Diantaranya Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan. Dia menilai tindakan itu merupakan perbuatan brutal yang tak berpri-kemanusiaan.

“Atas nama Bupati dan pribadi saya mengajak masyarakat Inhil untuk menggelar doa agar krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar segera berakhir,” tegas Bupati Inhil HM Wardan, Selasa (5/9).

Permintaan ini lanjut Bupati Inhil HM Wardan ditindaklanjuti dengan membuat surat edaran kepada Masjid, untuk menggelar doa selamatkan etnis Rohingya. Edaran itu sendiri dikeluarkan melalui bagian Kesra Kantor Bupati Inhil.

“Kita sangat prihatin atas apa yang sedang terjadi disana. Mudah-mudahan melalui yang kita sampaikan dapat menghentikan segala macam bentuk kekerasan yang sedang terjadi di Myanmar,” harapnya.

Melihat pemberitaan baik di media massa mapuan media-media sosial, bentuk kekerasan di Myanmar, sangat sadis. Hal itu tidak bisa dibiarkan. Apalagi korbannya banyak masyarakat sipil dan anak-anak yang tidak berdosa.

“Saya dan seluruh masyarakat sangat menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di itu,” paparnya. Bupati juga mendesak agar pemerintah Indonesia dan PBB, bertindak cepat dengan melakukan berbagai upaya agar krisis kemanusiaan segera dihentikan dan tak terjadi lagi.

Melalui doa yang disampaikan, setidaknya merupakan sebuah bentuk keprihatinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil atas apa yang terjadi. Kekejaman itu jelas melukai hati banyak pihak yang sangat mencintai adanya perdamaian dunia.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setdakab Inhil, HM Arifin, mengatakan siap menindak lanjuti instruksi Bupati tentang surat edaran doa bersama atas ajakan mendoakan krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

“Segera kami buat dan kami kirimkan sebagai mana keinginan pak Bupati. Saya rasa ini bentuk keprihatinan atas apa yang dialami masyarakat disana,” kata Arifin./Diskominfo-inhil/rls/ADV

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s