Tajam, Dipercaya, Independent

Disperindag Inhil Tera Ulang Alat Timbang Pedagang Pasar Yos Sudarso

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan tera ulang di pasar Jalan Yosudarso Tembilahan, Senin (4/9/2017).

Menurut Kadisperindag, H Dianto Mampanini bahwa Tera ulang itu memberikan dampak saling menguntungkan antara pedagang dan konsumen.

“Dua belah pihak dapat keuntungan,  pedagang diuntungkan dengan timbangan yang pas,  karena bsa terjadi pada timbangan yang sudah kurang pas sebagai alat ukur menjadi berlebih.  Hal ini trntu merugikan pedagang,” kata Dianto.

Kemudian konsumen dapat pula diuntungkan dengan diadakan tera ulang ini karena satuan yang pas tidak kurang dari jumlah yang di tentukan dalam pembelian barang.

Pihaknya melakukan tera ulang ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 tahun 2001 Tentang Metodologi Legal. Dan pelaksanaannya dijelaskan Dianto pihaknya bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru.

“Karena tenaga ahli untuk tera ulang ditempat kita masih terbatas makanya kita bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru sebagaimana MoU yang sudah dilakukan tahun 2016 kemarin,” ungkapnya.  Namun kedepan tera ulang ini akan dilakukan Disperindag dengan tenaga sendiri.

“Sudah ada beberapa tenaga kita yang dilatih untuk bisa melakukan tera ulang,  makanya kedepan bisa digunakan sendiri untuk keperluan Disdagprin terutama dalam mengecek kesesuaian alat ukur satuan yang ada pada pedagang,” pungkasnya./ Mirwan

 

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s