Tajam, Dipercaya, Independen

2018, Sistem Resi Gudang Diyakinkan Rampung

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) di Kabupaten Indragiri Hilir ditargetkan segera rampung dan berjalan pada tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan persiapan regulasi sudah akan rampung diantaranya regulasi Perda BUMD SRG dan Perda Percepatan Pelaksanaan SRG yang juga dilengkapi lagi dengan kajian analisis dari Universitas Riau yang dilihat dari 2 sudut pandang yaitu aspek pasar dan aspek internal bisnis.

“Aspek-aspek tersebut meliputi aspek pemasaran, teknologi, SDM dan Manajemen serta aspek keuangan,” terang Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagprin) Inhil H Dianto Mampanini melalui Kabid Perdagangan, Azwar C.

Ia juga menjelaskan bahwa persiapan SRG juga disertai dengan analisa Grand Design yang menjadi sarana peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Inhil.

“Bupati HM Wardan sangat serius sepanjang untuk kepentingan masyarakat dalam hal ini stabilisasi harga komoditas kelapa yang tujuannya supaya kesejahteraan dan pendapatan petani meningkat serta pada akhirnya geliat ekonomi di Inhil akan tumbuh berkembang pesat,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan bahwa SRG dapat diartikan adalah Resi Gudang Dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang ditertibkan oleh pengelola BUMD Inhil yang dapat diperdagangkan, dipertukarkan dalam sistem pembiayaan perdagangan suatu negara.

“Resi Gudang ini nantinya juga dapat digunakan sebagai kolateral untuk memperoleh pinjaman di lembaga keuangan. Jadi SRG dapat memfasilitasi pemberian kredit bagi dunia usaha dengan agunan inventori atau barang yang disimpan di gudang,” lanjutnya.

Lebih jauh, Azwar menambahkan jika penggunaan resi gudang sebagai agunan karena resi gudang dijamin dengan komoditas tertentu yang berada dalam pengawasan pihak ketiga atau pengelola gudang yang sudah terakreditasi.

“Nanti tanggal 23 Agustus 2017 akan dilakukan rapat evaluasi tim percepatan pelaksanaan SRG yang dipimpin langsung bapak Bupati sebagai ketua tim. Agendanya membahas sudah sejauh mana persiapan yang telah dilaksanakan oleh tim percepatan SRG kopra di Inhil,” tutup Azwar./mirwan/adv

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.