Tajam, Dipercaya, Independent

RDP Bersama Diskes, Komisi IV DPRD Inhil Pertanyakan Persoalan Perekrutan Dokter PTT dan Progres Pekerjaan

Tembilahan,detikriau.org – Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri memintakan penjelasan terkait persoalan rencana perekrutan tengan dokter umum dan dokter gigi serta progress pekerjaan fisik pada Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) dipimpin Wakil Ketua Komisi IV, Andi Rusli yang dihadiri Sekertaris Komisi, Herwanissitas beserta sejumlah anggota serta dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Inhil Zainal Arifin beserta sejumlah staff ini berlangsung di Ruang Rapat Komisi IV  gedung DPRD Inhil jalan HR Subrantas Tembilahan, selasa (1/8/2017)

Menurut keterangan salah seorang anggota Komisi IV, Hasmawi, penjelasan persoalan perekrutan tenaga medis ini dimintakan lebih disebabkan tersiarnya kabar  akan adanya rencana pembatalan ataupun penundaan dengan alasan tidak adanya regulasi dan dana penampingan. Jika hal ini benar ia menyatakan sangatlah menyayangkan dan ini akan menjadi salah satu catatan kegagalan Dinas Kesehatan.

Tidak hanya Hasmawi, anggota Komisi IV lainnya, Surya Lesmana-pun berpendapat senada. Dikatakanya, penambahan tenaga medis ini diantaranya adalah untuk memenuhi KUA dibidang Kesehatan. Disamping itu, dari sisi ekonomis, jika Inhil mampu memenuhi minimal 2 tenaga dokter umum dan 1 dokter gigi untuk setiap Puskesmas maka akan diperoleh tambahan dana kapitasi sekitar 5,4 – 5,6 Milyar.

“Artinya dengan mengeluarkan dana Rp 1,8 milyar untuk melakukan perekrutan, kita akan mendapatkan tambahan dana kapitasi. Ini jika kita bicara untung rugi dari sisi ekonomisnya,” Tegas Surya sembari kembali mempertegas bahwa yang terpenting adalah pencapaian KUA dibidang Kesehatan yang tentunya berdampak pada peningkatan pelayanan bagi masyarakat.

Terkait Progres Keuangan dan Fisik di Dinas Kesehatan, ditambahkan Surya, pengetahuan akan informasi ini tidaklah hanya sebatas untuk mengukur kinerja Dinas tetapi memiliki dampak Multiplier Effec yang cukup luas terutama dari sisi peningkatan sektor riil.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Zainal Arifin menegaskan bahwa rencana perekrutan tenaga dokter PTT awalnya memang ditemui beberapa kendala, dibenarkannya, salah satunya adalah persoalan regulasi yang disebutkan didasari dengan penerbitan Perda.

“Memang ada beberapa kendala tetapi tidak ada rencana pembatalan karena memang program ini sangatlah penting dan mendesak,” Tegaskan Zainal

Diterangkan  Zainal, jika program ini harus didahului dengan penerbitan  Perda tentulah membutuhkan waktu yang cukup panjang dan pada akhirnya akan menunda rencana perekrutan tenaga dokter PTT.

Memuluskan program ini, Zainal mengaku sudah melakukan berbagi upaya konsultasi seperti dengan pihak BKD dan Bagian hukum termasuk pihak Provinsi Riau.

Pihaknya menurut Zainal meyakinkan bahwa sesuai amanat UU No 36 Tahun 2009 dan pedoman penyusunan APBD tahun 2017 mengamanatkan bahwa jika memang Daerah membutuhkan dan dana untuk itu tersedia maka prekrutan diperbolehkan. Artinya tidak harus didahului dengan penerbitan Perda.

“Dalam minggu ini juga kita akan data kebutuhan setiap puskesmas dan bagi formasi yg tersedia kami persilahkan dokternya masuk dan nanti sk pengangkatannya nya langsung oleh bupati bukan melalui perbup atau perda lagi.”

Disamping persoalan perekrutan dokter PTT, hingga akhir Juli 2017, diterangkan Zainal, progres keuangan di Dinkes Inhil baru tercapai sebesar 13,03 % dan Fisik sebesar 23,92%. Belum maksimalnya capaian progress kegiatan ini disebabkan masih belum berjalannya sebagian besar kegiatan seperti 10 paket besar di Diskes yang didanai melalui APBN dan APBD Provinsi.

Dari 10 paket yang dilelang melalui ULP Inhil itu, 3 kegiatan sudah tuntas dan akan segera ditindaklanjuti dengan proses pengerjaan. 2 paket lelang ulang dan sisanya masih dalam proses lelang.

“Kami juga tidak mengerti apa sebab lambannya dan bahkan sampai gagalnya proses lelang. Padahal syarat yang kami pintakan untuk rekanan pelaksana tidaklah macam-macam.” Imbuh Zainal./ADV/Am

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s