Tajam, Dipercaya, Independent

DPMD Inhil Belum Pastikan Waktu Pilkades

TEMBILAHAN (detikriau.org) -Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) belum bisa memastikan kapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu di dua desa.

Adanya pilihan untuk menggabungkan pelaksanaan Pilkades Serentak dan Pilkades Antar Waktu (PAW) untuk meminimalisir konflik, menurut Kabid Pemerintah Kabid Pemerintahan Desa DPMD Inhil M. Mukhlis sangatlah kecil kemungkinannya, mengingat sumber dana yang di gunakan kedua pelaksanaan tersebut berbeda.

Oleh karena itu, saat ini DPMD Inhil masih melihat perkembangan dari desa dalam menyusun APBDes yang saat ini juga baru berjalan, disamping tahapan Pilkades Serentak 2017 yang saat ini masih berjala.

“Sementara ini kita belum mendapat arahan dari pimpinan bagaimana, apakah disatukan, yang jelas untuk saya kalau untuk disatukan dengan Pilkades serentak itu sangat kecil, karena sumber dananya beda,” ujar Mukhlis kepada Tribun Pekanbaru di Kantor DPMD Inhil beberapa waktu lalu.

Mukhlis juga menyadari rawannya konflik pada pelaksanaan PAW, namun menurutnya lagi, pelaksanaan keduanya berbeda, karena Pilkades Serentak sudah diprogramkan dari awal sedemekian rupa, berbeda dengan PAW.

“Pilkades serentak dananya sudah diplot melalui APBD, sedangkan PAW itu alokasinya melalui APBDes. Selain itu juga Sudah kita sampaikan, dari kementerian juga mengatakan kalau PAW itu dianggarkan melalui APBDes. Kami sudah ajukan surat, surat balasan ke kita belum,” tukasnya.

Dua desa di Inhil yakni Desa Pabenaan, Kecamatan Keritang dan Desa Sialang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, saat ini memang diketahui tidak memiliki Kades definitif, karena kedua kadesnya meninggal dunia.

Sementara itu, sesuai aturan yang berlaku, masa jabatan yang lebih dari satu tahun seperti kades harus dilaksanakan PAW.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Inhil HM Yusuf Said telah menyarankan pelaksanaan PAW digabung dengan Pilkades Serentak untuk memperkecil konflik./Mirwan

Save

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s