Tajam, Dipercaya, Independent

Kapolres Inhil Hadiri Festival Budaya Penganten Sahur di Pulau Palas

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) AKBP Dolifar Manurung SIK menghadiri Festival Budaya Penganten Sahur di Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Minggu dini hari, (11/6/2017).

Saat itu Kapolres didampingi langsung oleh Waka Polres Inhil KOMPOL Dr H Azwar dan sejumlah Perwira lainnya. Dan tampak juga dihadiri Camat setempat.

Diketahui, festival Budaya Penganten Sahur yang bertujuan untuk membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur ini menjadi acara yang cukup ramai dihadiri oleh pengunjung yang berdatangan dari berbagai pelosok di Desa Pulau Palas sendiri dan desa sekitar.

Tak kurang dari 4 ribu pasang mata turut menyaksikan kemeriahan acara itu. Yang menarik adalah para pengantin adalah laki-laki yang dirias menjadi sepasang pengantin pria dan wanita, mewakili RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas. Sebagai sebuah kearifan lokal, Festival ini sendiri sudah berlangsung lama, semenjak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan, pada setiap Bulan Suci Ramadhan, pada malam minggu.

Pada pelaksanaan Malam Minggu ini, ada 12 pasang pengantin, yang ikut festival. Kriteria yang dinilai adalah kecantikan mempelai wanita dan keserasian pasangan pengantin serta singasana tempat pengantin akan diarak, disekeliling Desa Pulau Palas.

“Kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif dan berharap, tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal. Untuk itu, saya apresiasi kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan Panitia Penyelenggara, dan berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaanya,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyatakan bahwa Polres Inhil bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Kabupaten Inhil siap mengamankan kegiatan ini.

Untuk mengamankan kegiatan ini, Polres Inhil menurunkan 60 orang Personel, dibantu oleh TNI dan panitia setempat. Selesai Festival Budaya Penganten Sahur dilaksanakan, dilanjutkan dengan makan sahur bersama./Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s