Tajam, Dipercaya, Independent

Asisten II Buka Instrumen Anjab dan Penyusunan Kelas Jabatan Serta Standar Kompetensi Jabatan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Asisten II Setda Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Rudiansyah membuka secara resmi penyusunan instrumen Analisis Jabatan (Anjab) dan penyusunan Kelas Jabatan (job grade) serta standar kompetensi jabatan, Kamis (8/6/2017).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Inhil, Jalan Akasia Tembilahan. Saat itu, turut dihadiri Kepala BKD Kabupaten Inhil H Fauzar, Kabag dan Kasubag di lingkungan Pemkab Inhil.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan menghadirkan 2 orang narasumber dari BKN Kantor Regional XII Pekanbaru. Tujuannya, dimaksudkan untuk merealisasikan amanat UUD Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Melalui penyusunan ini, diharapkan akuntabilitas kinerja kelembagaan akan optimal, karena fungsi dan tugas pokok kelembagaan akan sesuai dengan desain struktur yang berorientasi pada visi, misi dan tujuan organisasi,” katanga.

Dijelaskan, pelaksanaan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pedoman yang baik dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur dalam melaksanakan program analisis jabatan pada masing-masing unit kerja, sehingga diharapkan dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

Pernyelenggaraan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja ini bertujuan untuk mengukur dan menghitung beban kerja setiap jabatan atau unit kerja dalam rangka efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas serta meningkatkan  kapasitas organisasi yang profesional, transparan, proporsional dan rasional.

Analisis jabatan dan analisis beban kerja yang disusun ini, sambungnya, nantinya akan mengarah kepada evaluasi jabatan, yang mana hasil dari evaluasi jabatan akan dapat ditetapkan kelas jabatan dan standar kompetensi manajerial yang akan digunakan sebagai dasar dalam pemberian tambahan penghasilan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Inhil dan ditetapkannya standar kompetensi manajerial sebagai dasar untuk melihat kompetensi seorang pegawai negeri sipil dengan hasil akhir penempatan pns sesuai dengan kompetensinya.

“Untuk itu, diharapkan kepada bapak/ibu sekalian untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh sehingga nantinya mampu memahami, menganalisis, mengukur, menentukan, menerapkan, menilai dan melaporkan informasi jabatan dalam rangka penataan organisasi kepegawaian dan ketatalaksanaan, sesuai dengan prinsip organisasi. Dan kepada narasumber, saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik ini,” tuturnya./ADV/Mirwan

 

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s