Tajam, Dipercaya, Independent

Gali Informasi, Komisi I DPRD Inhil Kunjungi Lokasi Sengketa Lahan di Dusun Semaram

KEMUNING (detikriau.org) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir melakukan peninjauan sengketa lahan antar dua keluarga di Dusun Semaram, Desa Sekayan, Kecamatan Kemuning, Jumat (26/5/2017) kemarin.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Indragiri Hilir, Yusuf Said dan didampingi Mu’amar AR, M Kausar, Malian Gazali, didampingi aparat kepolisian, camat, kepala desa serta toma dan toga.

“Kami meninjau lokasi di daerah Semaram Desa Sekayan Kecamatan Kemuning ini. Karena laporan dari warga masyarakat. Dan kami datang kemari juga untuk mencari bahan masukan apa yang sebenarnya terjadi disini,” kata Yusuf Said.

Yusuf Said memastikan, jika masyarakat dalam kondisi benar, namun dirugikan, tentu harus dibela. Tak dipungkiri juga, masih banyak permasalahan sengketa lahan. Sehingga ia berkomitmen untuk merespon aspirasi dan laporan masyarakat yang dirugikan oleh berbagai pihak. Menurutnya hal itu sudah menjadi tugas wakil rakyat.

“Kita cari pembenaran, tapi kita tidak ingin juga masyarakat di rugikan. Kalau perlu ada mediasi, kita akan membantu menjadi fasilitator, memfasilitasi supaya ada dialog, sehingga kemudian nanti ada titik temunya,” harap politisi asal dapil 3 itu.

“Kami harus membela rakyat. Semoga sebelum ada proses hukum, ada penyelesaian melalui proses mediasi,” tuturnya.

Persoalan sengketa lahan itu perlu segera di selesaikan dan perlu diambil langkah-langkah kongkrit dari pemerintah untuk melindungi warga.

Dia berharap kepada masyarakat agar tenang apalagi saat ini tengah memasuki bulan suci Ramadhan .

“Kami berada dibelakang Bapak/ibu semua, kalau bapak diusir dari sini bearti bicara dulu sama kami, jangalah dibuat takut,” ungkapnya.

Sementara itu, Hadi salah satu masyarakat meminta agar DPRD untuk melindungi masyarakarnya yang saat ini dalam kesulitan.

“Kami mohon dan Minta Tolong kebijaksanaan DPRD Inhil melindungi kami sebagai rakyat yang dibawah, ini untuk membangun kampung kita dan satu-satunya lahan kami menghidupkan anak dan cucu kami,” harap Hadi./Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s