Tajam, Dipercaya, Independent

Jalin Kerjasama Dengan 3 Perguruan Tinggi, Pemkab Inhil Upayakan Peningkatan SDM di Bidang Kesehatan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penadatanganan MoU atau kerjasama dibidang kesehatan dengan Universitas Tuanku Tambusai, STIKes Hangtuah dan STIKes Payung Negeri.

Penandatanganan tersebut berlangsung di Aula Bappeda Inhil Jalan Akasia Tembilahan, Selasa (2/5/2017). Saat itu, penandatangan dilakukan oleh Asisten II Setda Inhil Rudiansyah dan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Inhil H Zainal Arifin, pihak RSUD Puri Husada dan sejumlah pejabat lainnya.

Dan lada kesempatan itu, turut dihadiri dari Rektor Universitas Tuanku Tambusai, Direktur STIKes Hangtuah dan Direktur STIKes Payung Negeri.

Mewakili Bupati, Asisten II menyebutkan memang perlu peningkatan SDM dibidang kesehatan. Sebab saat ini, tenaga kesehatan Inhil masih terdapat yang belum meningkatkan pendidikannya ke jenjang D III, S1 dan keprofesian/ners.

“Diera sekarang ini tenaga kesehatan dituntut memberikan pelayanan yang terakreditasi, bermutu serta profesional agar tercapai standarisasi kompetensi tersebut, sehingga kualitas sumber daya manusia insan kesehatan dianggap perlu untuk ditingkatkan,” katanya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan sebagai tampuk tertinggi dari jajaran kinerja tenaga kesehatan baik ASN, PTT maupun Honorer sepatutnya memprakarsai program pendidikan Diploma Kebidanan Sarjana Keperawatan, Sarjana Kesehatan Masyarakat dan profesi ners bekerjasama dengan intitusi pendidikan yang terakreditasi dengan nilai minimal B.

Karena pada dasarnya ini merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat sesuai amanat tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan undang undang dasar 1945. Kesejahteraan masyarakat sangat dipengaruhi oleh aspek kesehatan dan pendidikan.

Di bidang kesehatan ini, lanjutnya, yang paling sederhana adalah memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pasien. Dengan memberikan senyum saja itu sudah membuat mereka bahagia dan sehat jiwanya.

“Pasien sudah merasa sakit fisik, jangan ditambah lagi dengan sikap kasar atau pelayanan yang kurang baik. Karena dengan memberi pelayanan dengan tulus ikhlas dan menyenangkan hati orang lain, akan membuat diri kita bahagia dan insya allah akan mendapat imbalan pahala dari allah swt, percayalah,” yakinkannya.

Terakhir, ia berharap dengan dilakukannya penandatanganan mou ini, akan bisa mempengaruhi kenaikan rangking indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk diketahui, beberapa faktor yang mempengaruhi IPM adalah Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhil mengatakan bahwa merjasama ini perlu dilaksanakan mengingat di Kabupaten Inhil SDM dibidang kesehatan masih kurang.

“Untuk itu, Pemkab Inhil komit untuk meningkatkan SDM di bidang Kesehatan. Mudah-mudahan dengan izin belajar yang diberikan Pemkab Inhil dan MoU yang kita lakukan ini merubah pola pikir dari tenaga kesehatan tersebut,” tutur Zainal Arifin./ADV/Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s