Tajam, Dipercaya, Independent

LMND Riau Sosialisasikan PATBM di Auditorium Wan Ghalib

Pekanbaru, detikriau.org – Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi  (LMND Riau) melakukan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang ditujukan untuk mencegah dan mengurangi siklus kekerasan yang terjadi pada anak-anak. 

Menurut Larshen Yunus pada acara sosialisasi di Auditorium Wan Ghalib, Kompleks Perpustakaan Soeman Hasibuan, Pekanbaru Riau, sabtu (1/4/2017), anak-anak adalah instrumen yang harus dilindungi, mereka merupakan harta yang paling berharga bagi peradaban negeri ini, oleh karenanya upaya perlindungan bagi mereka menjadi prioritas utama bagi nomenklatur program kerja organisasi ini.

“pelaksanaan sosialisasi PATBM ini merupakan upaya konkrit yang strategis dalam mencegah kekerasan pada anak, dikarenakan seluruh lapisan masyarakat juga dihimbau untuk ikut terlibat langsung,” Sampaikan Ketua LMND Riau ini

Menurutnya, sejumlah kasus kekerasan yang dialami anak justru terjadi dalam lingkungan keluarga itu sendiri dan pelakunya adalah orang-orang terdekat mereka. Oleh karena itu sangat diperlukan peran aktif dari keluarga, diantaranya adalah dengan membangun komunikasi verbal yang penuh makna kasih sayang, mengawasi kegiatan anak, dan memberikan keterampilan pada anak yang bertujuan untuk mendeteksi atau menghadapi kemungkinan terjadinya kekerasan pada dirinya.

Kepada tenaga pendidik atau guru di lembaga formal seperti Sekolah juga diminta agar lebih giat dan aktif dalam membangun komunikasi yang  positif.

Aspek lainnya adalah membangun mekanisme penegakan hukum bagi para pelaku guna menimbulkan efek jera. Antisipasi dalam melaksanakan upaya perlindungan anak dari kekerasan harus dilakukan sedini mungkin, dengan cara serentak oleh anak, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha.

“Untuk itulah program sosialisasi ini sangat penting nilainya dalam rangka memperkokoh kesiapan para anak-anak di wilayah Provinsi Riau agar kelak menjadi manusia dan generasi yang memiliki masa depan cerah dan bisa diharapkan bagi pembangunan negeri ini.” Ditambahkannya

Sementara pada kesempatan yang sama, Tengku Muhammad Rasyid, selaku ketua panitia acara Sosialisasi PATBM tajaan LMND Riau ini dalam sambutannya mengatakan bahwa kualitas anak-anak Indonesia merupakan faktor yang menentukan eksistensi dan kemampuan bangsanya guna bersaing dan berkompetisi secara sehat dengan negara lain. Sudah semestinya Anak-anak di Wilayah Provinsi Riau dijadikan sebagai  faktor utama dalam menentukan kelangsungan daerah ini kedepan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, apa yang kita dengar, lihat dan baca di pemberitaan beberapa media masih tingginya jumlah kasus kekerasan terhadap anak-anak khususnya di Riau, sehingga menjadi tantangan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan dan program yang mendukung pemenuhan hak serta perlindungan anak-anak  agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Atas dasar hal tersebut, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru selaku Ibukota Provinsi mengambil langkah dengan melaksanakan kampanye Bersama dengan pengharapan agar kelak cita-cita dalam melindungi Anak yang merupakan bagian dari gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

“LMND Riau mengharapkan agar program dan kegiatan ini  juga tidak ketinggalan, demi mengantisipasi menjalarnya kekerasan terhadap anak, Pemerintah melaksanakan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat,”. Ujarnya

PATBM menurut Tengku Muhammad Rasyid adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak secara maksimal.

PATBM merupakan inisiatif  organisasi ini melalui peran yang proaktif dari masyarakat sebagai ujung tombak dalam pengimplementasian pencegahan kekerasan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku guna memberikan perlindungan kepada anak.

Disamping itu, gerakan tersebut dapat dikelola dengan menggunakan prinsip keaktifan sosial kemasyarakatan serta juga dapat mengembangkan fungsi struktur kelembagaan yang sudah ada atau jika diperlukan dengan membangun struktur kelembagaan baru.

“Seperti mitra kerja organisasi LMND Riau, yaitu Koordinator Gerakan Nasional Revolusi Mental yang juga dikomandoi oleh saudara Larshen Yunus.” Akhirinya./rls/Am

 

 

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s