Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati Inhil Lantik Pj Kades Air Balui Dan Resmikan Program DMIJ Se-Kecamatan Kemuning

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melantik Pejabat (Pj) Kepala Desa Air Balui di Desa setempat Kecamatan Kemuning, Senin (20/3/2017) kemarin. Selain itu, juga disaraskan dengan peresmian pelaksanaan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) se-Kecamatan Kemuning.

Pagi itu Bupati didampingi istri, Hj Zulaikhah Wardan beserta rombongan. Kemudian tampak juga dihadiri oleh Camat Kemuning Arfan Azazi beserta jajarannya dan Kepala Desa se-Kecamatan Kemuning.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa secara umum, pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Inhil memang kerap dihadapkan dengan persoalan kondisi geografis yang sulit, baik berupa kontur tanah yang tidak begitu keras, maupun siklus pasang-surut air sungai yang berimbas negatif.

“Beberapa kendala yang dihadapi tersebut, tentunya akan berpengaruh dalam pelaksanaan pembangunan dalam berbagai sektor, seperti infrastruktur, kesehatan, perkebunan, kelautan dan lainnya. Namun, kita tetap diharuskan untuk menyelesaikan tugas pembangunan ini, meski dengan banyak kendala,” pungkasnya.

Dengan kendala yang kerap dihadapi ini pula, dikatakan Wardan, nominal anggaran dana yang dialokasikan untuk pembangunan, seakan tidak ada artinya.

Selanjutnya, Wardan menjelaskan, dalam 3 tahun era kepemimpinannya, pembangunan di Kabupaten Inhil, memang difokuskan ke wilayah perdesaan.

“Indikatornya, dapat dilihat dari beberapa sumber keuangan yang digunakan, memang mayoritas dialokasikan untuk pembangunan wilayah perdesaan,” katanya.

Sedangkan program DMIJ, disebutkan Wardan, secara khusus difokuskan pada pemberdayaan masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan.

“Indikator pemberdayaan tersebut adalah partisipasi masyarakat, mulai dari tahap perencanaan hingga penyelesaian pembangunan. Fokus, juga menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur,” tukasnya.

Namun, diungkapkan Wardan, masih terdapat beberapa ruas jalan yang belum terbangun. Kedepan, Wardan berharap agar tugas pembangunan yang belum selesai tersebut, dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

Selain pelantikan dan peresmian pelaksanaan DMIJ yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, juga dilaksanakan pengukuhan organisasi masyarakat Kecamatan Kemuning, diantaranya Paguyuban Masyarakat Jawa (Pamaji) Kecamatan Kemuning, Ikatan Keluarga Minang Mufakat (IKMM) Kecamatan Kemuning, Forum Komunikasi Kepala Desa dan Sekretaris Desa Kecamatan Kemuning, dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kecamatan Kemuning./ADV/Mirwan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s