Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati: Pers Inhil Diharapkan Hindari Berita Hoax

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengharapkan kepada seluruh insan pers di Kabupaten Inhil untuk menghindari pemberitaan tidak benar atau hoax.

Harapan tersebut disampaikannya saat menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Inhil masa bhakti 2016-2019 di Gedung Engku Kelana Tembilahan, Jum’at (17/3/2017) kemarin sore.

Menurutnya, berita hoax tersebut sangat berpotensi besar untuk menimbulkan kegaduhan, perpecahan dan hal negatif lainnya. Apalagi, jika berita hoax tersebut menyangkut persoalan SARA.

“Melalui pelantikan ini, saya mengajak untuk menghindari penyebaran berita hoax. Saya berharap, insan pers selalu menyajikan berita yang aktual, berimbang dengan tetap berpegang pada pedoman etik kewartawanan,” katanya.

Pers itu, lanjut Wardan, mempunyai peran vital dan strategis dalam pembangunan melalui pemberitaan yang dibuat. Insan pers, lanjutnya, merupakan orang yang peduli terhadap pembangunan dan persatuan masyarakat, terutama di Kabupaten Inhil.

“Diharapkan, hubungan insan pers dengan pemerintah daerah, khususnya Pemkab Inhil dapat dijaga dengan baik, sehingga dapat bersama – sama melaksanakan pembangunan, pembangunan yang berkesinambungan,” tuturnya.

Disamping hal yang berkaitan dengan sinergi bersama pers, Wardan menambahkan bahwa Pemkab Inhil telah memberikan perhatian dan perlakuan istimewa terhadap. Hal ini, dibuktikan dengan pembentukan sebuah instansi yang berfungsi untuk menangani pengelolaan informasi dan publikasi yakni Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik.

“Dengan adanya satu instansi khusus tersebut, diharapkan dapat lebih profesional dalam pengelolaan informasi dan publikasi, baik oleh pers maupun Pemkab,” ucapnya.

Terakhir, orang nomor satu di Negeri Sri Gemilang inj berkomitmen, Pemkab Inhil akan selalu mendukung dan memberikan dorongan melalui penyediaan fasilitas serta lainnya./ADV/Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s