Tajam, Dipercaya, Independent

Tinggal di Emperan Toko, Penarik Becak Ini Masih Harus Hidupi Ibu yang Kini Lumpuh

Arsip foto: detikriau.org/mirwan

Arsip foto: detikriau.org/mirwan

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Sudah 3 bulan lamanya, Kamariah (70) tinggal di teras sebuah ruko Pasar Jongkok Tembilahan. Wanita lanjut usia ini tak sendiri, ia bersama seorang putranya, Udin (54).

Ironisnya, kondisi tempat tinggal keduanya ini jauh dari kata layak. Bagaimana tidak, selain tempat terbuka dan berukuran kecil, tempat dirinya menumpang tinggal itu juga rawan kebanjiran disaat air pasang tinggi.

“Kalau sudah surut barulah bisa istirahat. Mama saya sudah 3 bulan ikut saya dan saya sendiri, hidup seperti ini sudah 5 tahun tapi pindah-pindah lokasi,” kata Udin kepada detikriau.org, Senin (27/2/2017).

Udin mengaku tak memiliki keluarga dekat sehingga sulit untuk mengungsi.

“Ada keluarga, jaraknya jauh. Mama saya ini sebelumnya sempat tinggal bersama keluarga di parit 11, tapi sekarang di situ terlalu ramai, makanya saya bawa ke sini,” terangnya.

Lebih mirisnya, kondisi wanita Lansia tersebut sedang lumpuh sehingga tidak mampu beraktifitas. Sedangkan Udin sendiri, kesehariannya hanya menyandarkan penghasilan sebagai penarik becak yang pendapatannya juga tidak memadai. Dalam sehari, Udin mengaku paling banyak hanya mendapatkan rezky sekitar Rp 30 ribu.

“Itu pendapatan paling besar tapi jarang sekali dapat segitu, paling sering itu tak ada dapat sama sekali. Jadi, perut lapar itu sudah biasa,” ujarnya sembari menghela nafas menahan desakan rasa tak terjabar./Mirwan

Iklan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s