Tajam, Dipercaya, Independent

Belasan Cabor Tuntut Kepengurusan KONI Inhil dibawah Pimpinan SU Tidak diperpanjang

“Jika tidak dipenuhi mereka ancam tidak kirimkan Atlit Inhil Pada Porprov Riau 2017 di Kampar”

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Belasan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga (Cabor) mendesak kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) periode 2013-2017 yang akan berakhir pada 29 April mendatang tidak lagi diperpanjang.

Jika permintaan ini tidak dikabulkan, mereka mengancam akan melakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa KONI Kabupaten Inhil dan bahkan mengancam tidak akan mengirimkan Atlit untuk mengikuti Porprov Riau tahun ini.

“Tuntutan ini juga sudah kami sampaikan kepada KONI Provinsi. Kami juga berharap keputusan seluruh pengurus cabor Inhil ini mendapatkan dukungan,” Sampaikan Juru bicara belasan Cabor Jamaluddin dan As’ad secara bergantian saat digelar pertemuan diruang rapat Komisi IV DPRD Inhil jalan HR Subrantas Tembilahan, Jum’at (17/2/2017)

Tuntutan tidak memperpanjang masa kepengurusan ini menurut mereka dikarenakan KONI Inhil dinilai telah melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi.

Menurut mereka ada beberapa point penting pelanggaran AD/ART Pengurus KONI Inhil, pertama seperti, ketua KONI telah melakukan pergantian dan pemberhentian pengurus secara sepihak tanpa melalui prosedur.

Ketua KONI juga disebut terlalu banyak mencampuri urusan Cabor.

dan semenjak dikukuhkan kepengurusan KONI Inhil periode 2013-2017, Ketua KONI Inhil jarang sekali melakukan musyawarah dan mufakat sesama pengurus KONI dan cabor sendiri.

“Seharusnya minimal dilakukan 1 x dalam 1 tahun. Hal ini berkaitan dengan pertanggungjawaban masalah program kerja, pelaporan adm dan keuangan,” Sampaikan Jamal.

Tahun 2016, ditambahkan Jamal, dana yang dialokasikan Pemkab Inhil pada KONI sebesar Rp 2 Miliar. Tetapi dari data yang dikumpulkan dari seluruh cabor, dana yang tersalurkan baru sebesar Rp 311 Juta.

Desakan itu menurut merekal terpaksa dituangkan mengingat masa jabatan sesuai AD ART KONI bisa saja diperpanjang jika dalam waktu berhampiran dengan berakhirnya masa kepengurusan ada agenda penting yang harus dilaksanakan.

“Tahun ini ada agenda Porprov Riau 2017 di Kabupaten Kampar. Artinya kepengurusan KONI Inhil saat ini bisa saja secara otomatis tetap akan menanganinya,” Ujar Jamal.

“17 Cabor ini mengancam akan memboikot Atlit-atlitnya pada Porprov 2017 di Kampar jika tuntutan ini tidak diindahkan. Rencana pemboikotan ini akan dilakukan 17 Cabor jika masa kepengurusan KONI Inhil dibawah pimpinan H Syamsuddin Uti diperpanjang hingga akhir 2017,” tambahnya.

Terkait hal ini, Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil, Herwanissitas yang saat itu didampingi oleh Ketua Komisi II DPRD Inhil Amd Junaidi menyebutkan bahwa permasalahan itu juga sempat disampaikan para penggiat olahraga sebelum pertemuan hari ini.

Kedatangan Cabor saat ini menurutnya bukan diterima secara Komisi tetapi sifatnya diterima oleh DPRD secara kelembagaan.

“Jadi apapun persoalan yang disampaikan hari ini, kami akan rangkum. Semua juga didokumentasikan dan nanti akan kami sampaikan kepada pimpinan baik melalui tulisan maupun secara lisan,” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui, belasan Cabor tersebut diantaranya Cabor Sepak Takraw PSTI, Kenfo, Karate (Forki), Bola Volly (PBVSI), Dayung (Podsi), Catur (Percasi), Basket (Perbasi), Tarung Derajat, Tinju (Pertina), Atletik (PASI), Tennis Lapangan, Bulu tangkis, PSSI, Renang (PRSI) , Pencak Silat (IPSI), Anggar, dan Billiard./Mirwan/*

Iklan

Tagged as:

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s