Tajam, Dipercaya, Independent

Sifatnya Fleksibel, Dinsos Tetap Terima Pendaftaran Masyarakat Miskin

Tembilahan, detikriau.org – Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir menghimbau kepada masyarakat miskin yang ingin mendaftarkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan masih bisa dilakukan.

MoU yang akan dilakukan Dinkes dengan BPJS Kesehatan pada Maret 2017 mendatang merupakan MoU Awal. Batasan waktu pendataan sifatnya fleksibel.

“MoU dibulan Maret 2017 itu merupakan MoU Awal. Data-data yang sudah dihimpun Dinsos hari ini yang kepesertaannya akan disertakan pada MoU awal itu. Tapi setelahnya, masyarakat miskin tetap masih bisa mendaftarkan diri,” Sampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir, Nurlia melalui Kepala Bidang (Kabid) Bantuan dan Jaminan Sosial, Syaiful Kelana ditemui detikriau.org diruang kerjanya, rabu (8/2/2017)

Saat ini menurut Syaiful, pihaknya juga melakukan Verifikasi terhadap seluruh penerima bantuan, baik penerima bantuan iuran (PBI) APBN maupun PBI sharing dana Provinsi Riau dengan Kabupaten Inhil.

“kita sudah mendapatkan data bahwa ada sekitar 980 nama yang ternyata orangnya sudah meninggal dunia dan pencatatan ganda. Nama-nama itu nantinya akan kita gantikan dengan masyarakat miskin lainnya yang belum terdata,” Terang Syaiful

“Tapi sekali lagi perlu diingat. Masyarakat yang mendaftar di Dinsos saat ini Kartu kepesertaannya belum berlaku hingga dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinkes dengan BPJS Kesehatan.” Tambah Syaiful.

Untuk masyarakat miskin yang saat ini sakit bisa mendaftar dan kepesertaannya bisa langsung aktif. Tetapi harus mendaftar sebagai peserta mandiri. Artinya iuran bulanannya dibayarkan sendiri.

Pendaftaran kepesertaan mandiri harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT dan SKTM dari Lurah dan/atau Kepala Desa serta KTP dan Kartu Keluarga.

Untuk masyarakat yang sedang dirawat dan ingin mendapatkan tambahan pelayanan juga harus menyertakan surat rujukan dari rumah sakit tempat ia dirawat.

“nanti setelah dilakukan MoU baru kepesertaannya diintegrasikan sebagai kepesertaan PBI yang iurannya ditanggung penuh oleh pemerintah.” Akhiri Syaiful./dro

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s