Tajam, Dipercaya, Independent

Bupati Inhil ; DMIJ Tetap Jadi Program Prioritas di Tahun 2017

TEMBILAHAN, detikriau.org – Mempercepat pemerataan pembangunan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menyatakan tetap memprioritaskan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada belanja APBD tahun 2017.

Selain pemerataan pembangunan secara fisik, DMIJ juga bertujuan untuk memperdayakan Sumber Daya Manusia diperdesaan agar dapat lebih maju dan sejahtera.

“Pelaksanaan program ini melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, penganggaran dan seterusnya,”kata Bupati Inhil HM Wardan.

Dikatakan, secara kasat mata keberhasilan program DMIJ dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas, merata dan terintegrasi sudah terbukti.

Membaiknya infrastruktur hingga ketingkat desa memberi imbas positif bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian. Kini masyarakat tidak lagi harus bergantung dengan kondisi alam atau air pasang surut untuk memasarkan hasil bumi.

“Perangkat desa selaku pelaksana program DMIJ harus terus bersinergi dengan pemerintah kecamatan agar terwujudnya singkronisasi sehingga terwujudnya asas pemerataan pembangunan itu sendiri,” Pesan Wardan.

Jikalau saat ini masih didapati pembangunan desa yang memprihatinkan, hal itu diyakini lebih kepada persoalan desa yang tidak maksimal menjalankan program DMIJ.

Untuk itu Bupati berharap agar instansi terkait dapat maksimal memberikan bimbingan  agar  program yang dicanangkan dapat terlaksana sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat saat ini.

Semenatara itu Kepala Desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman mengatakan bahwa program DMIJ wujud pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah berkat DMIJ kita dapat memenuhi kebutuhan prioritas masyarakat,” Ujarnya sembari mengatakan jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya pembangunan Desa hanya bisa menunggu program yang diluncurkan dari pemerintah kabupaten.

Selain dimanfaatkan untuk operasional pemerintah desa, anggaran DMIJ lebih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan desa, jerambah, jembatan, bahkan Kantor Desa.(Adv. Diskominfo/Am)

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s