Tajam, Dipercaya, Independent

Rumah jadi arang, 200 juta melayang

rumah-rosmiati-1Selatpanjang,DetikRiau.org – Musibah kebakaran rumah kembali menimpa warga Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Kali ini terjadi di rumah milik Muhammad Rizal (42 tahun), di Jalan Mahmud Djalal, Desa Banglas, Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Rabu malam 25 Januari 2017.

Kebakaran itu terjadi pukul 22.30 WIB. Saat kejadian, Muhammad Rizal sedang tidak berada dirumah. Sementara istrinya Rosmiati (37 tahun) dan tiga anaknya sedang tidur. Beruntung Rosmiati tersadar dan berhasil menyelamatkan diri beserta tiga anaknya.

“Rizal sedang ke seberang tempat rumah orang tuanya di desa penyagun,” kata Efendi, tetangga sebelah rumah korban.

Tidak lama setelah menerima informasi, Tim Pemadam Kebakaran Pemkab Kepulauan Meranti langsung meluncur ke lokasi. Berkat kesigapan Tim Damkar dibantu masyarakat, api berhasil segera dipadamkan, sehingga tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan rumah.

Sementara untuk mengamankan sisa barang berharga di rumah korban, puluhan aparat Kepolisian dan TNI yang turun ke lokasi langsung melakukan pengamanan, hanya keluarga korban yang diperkenankan masuk ke rumah yang sebagiannya berhasil diselamatkan dari kobaran api.

Rosmiati ditemui di rumah Efendi mengatakan, saat tersadar dari tidur melihat kobaran api telah membesar di dapur rumah. Dirinya menduga kebakaran terjadi akibat ledakan kompor dan tabung gas yang digunakan untuk memasak kue.

Adapun barang-barang yang ikut terbakar, kata korban, selain 1 unit rumah semi permanen berukuran 20×20 m. ada kulkas 2 Unit, Tv, Hp, uang tunai Rp 1 juta, dan surat-surat penting termasuk Ijazah anak-anaknya.

“Kira-kira kurang lebih Rp 200 juta adalah kerugian dari kebakaran ini. Untung saja anak-anak saya tidak apa-apa,” kata Rosmiati.

Camat Tebingtinggi, Rizky Hidayat SSTP MSi yang datang ke lokasi didampingi Kepala Desa Banglas, Samsurizal SH, memperkirakan keluarga korban mengalami kerugian mencapai 200 juta rupiah.

“Yang berhasil diselamatkan 1 unit sepedamotor yang diparkir di teras rumah dan masih tersisa sebagian pakaian dan surat-surat berharga yang disimpan di lemari dalam kamar,” ungkap Kades Banglas, Samsurizal. /cr

 

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s