Tajam, Dipercaya, Independent

20 January Proses Asessment Jabatan Tinggi Pratama Meranti Dimulai

Selatpanjang, DetikRiau.org – Nota Kesepahaman (MoU) telah ditandatangani Pemkab Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kepolisian Polda Riau. Untuk itu Pemkab Meranti sepakat akan memulai proses asessment Pejabat Tinggi Pratama Pemda Kabupaten Kepuluan Meranti, tepatnya pada tanggal 20 Januari 2017 ini. 

Dalam proses penandatangan MoU itupun dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim dan Karo SDM Kombespol Benny Subandi SIK MSi. Disaksikan oleh para Assessor Polda Riau AKBP Arsyad, AKBP A Harahap, Kompol Yasni, AKBP Yunus, AKBP Wahyu dan beberapa lainnya, di Ruang Tribrata, Polda Riau, Kamis (19/1/2017).

Turut hadir Kepala Bagian Pembinaan Karier (Kabag Binkar) Polda Riau AKBP. Arif Bestari SIK MH, Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Meranti Drs. Revirianto, Kabag Hukum Sudandri SH, Kabag Humas H. Nasruni, Kabid Mutasi Widodo SE M.Si, H. Arifudin, Para Asesor Polda Riau AKBP Arsyad, AKBP A. Harahap, Kompol Yasni, AKBP Yunus, AKBP. Wahyu dan lainnya.

Dalam pidatonya dihadapan para pejabat Biro SDM Polda Riau dan Asessor, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menjelaskan, pelaksanaan Asesment yang akan digelar oleh Pemda Meranti, sesuai amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU-ASN) Nomor 5 Tahun 2014 dan Permenpan Nomor 13 Tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi Pemerintah.

Sekaligus keinginan dari Pemda sendiri untuk mencari pejabat yang bertangung jawab dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dan yang tak kalah penting tidak terjadi cacat hukum dalam pengisian Jabatan Tinggi Pratama dilingkungan Pemkab. Meranti.

Diharapkan dengan pelaksanaan Asesment itu dapat menghasilkan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mampu melaksanakan tugas di Satuan Kerja, dengan lebih baik, lancar, serta optimal melalui upaya-upaya yang profesional.

“Kita berharap pejabat yang terpilih nanti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Meranti sebagai Kabupaten baru, mampu menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu wabup juga berharap, dengan terjalinya kerjasama Pemda Meranti-Polda Riau hubungan yang baik terus terjalin meskipun pelaksanaan Asessment telah berakhir.

“Saya harapkan hubungan kerjasama yang terjalin baik ini dapat berkelanjutan khususnya antara pejabat yang mengikuti Asessment dengan pihak Asessor Polda Riau,” ujarnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Riau Kombespol Benny Subandi dalam pidatonya mengaku sangat mengapresiasi keinginan Pemda Meranti menggelar seleksi terbuka untuk mengisi pejabat yang akan menempati jabatan tinggi pratama.

Dengan assessment ini diyakini proses seleksi akan berjalan independen sehingga dapat menghasilkan pejabat yang memiliki kompetensi integritas sesuai yang diharapkan.

Dijelaskan Kombespol Benny, secara global materi uji yang akan diterapkan meliputi kemampuan berfikir, pengelolaan diri, kemampuan mengelola orang lain, mengelola tugas, komunikasi, perencanaan, pengambilan keputusan, dan lainnya./cr

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s