Tajam, Dipercaya, Independent

AKBP Barliansyah Lakukan Test Urine Mendadak 165 Personil Polres Meranti

“11 Personil Positif Konsumsi Narkoba, 1 Orang Kabur” 

tes-urineSelatpanjang,DetikRiau.org –  Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah melakukan tes urine mendadak terhadap 165 personilnya yang hadir Rabu pagi (18/1).

Dari hasil tes urine itu juga terdapat sebelas personilnya positif mengkonsusmsi narkoba, dan satu orang personil ketahuan melarikan diri. 

Selain akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, Dari pantauan awak media di lapangan Mapolres Kepulauan Meranti, terlihat 11 personil yang positif menggunakan narkoba tersebut, juga diberikan hukuman tamparan dari puluhan personil lainnya sebagai satu bentuk “shock therapy” bagi mereka.

“Iya biar dia jera melakukan hal itu, saya tidak rela jika ada personil saya yang menggunakan narkoba,”ujar Kapolres

AKBP Barliansyah pun sempat  gusar ketika mengetahui sebelas personilnya positif narkoba. Kendati demikian, ia mengaku satu personilnya berhasil kabur ketika pintu gerbang Mapolres Kepulauan Meranti terbuka. Barli menduga kuat, personil yang kabur tersebut positive menggunakan narkoba. Namun ia mengatakan telah memerintahkan unit Provost untuk melakukan pengejaran.

“Saya akan tindak tegas mereka yang positif sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagi yang belum dites, tetap akan dites pada tahap selanjutnya. Personil yang kabur akan kami lakukan pengejaran. Kalau mau seperti preman dia akan saya perlakukan seperti preman” ujarnya.

Tambahnya lagi, sebenarnya ada sekitar 236 anggota yang bertugas Mapolres Kepulauan Meranti. Namun lainya ada yang bertugas di Polsek-polsek dan ada juga yang cuti. Menurut Barli, tes urine tersebut dilakukan secara mendadak sehingga tidak diketahui oleh satupun anggota Polres.

“Bahkan Wakapolres saja tidak tau. Sengaja saya buat seperti itu agar tidak ada satupun yang hadir lolos dari tes ini,” ujar Barli.

AKBP Barliansyah menjelaskan, pihaknya sudah kali kedua melakukan tes urine terhadap anggotanya. Tes pertama katanya, digelar pada Selasa (10/1) kemarin terhadap 11 personil. Namun, kesebelas personil tersebut kata Barli bebas dari narkoba.

“Namun ada satu personil yang sebelumya dites negatif, saat ini hasilnya positif. Kemungkinan ia memakai narkoba setelah lolos menjalani tes. Ini membuktikan, meskipun dia sudah dites, tidak menutup kemungkinan dites ulang,” ujar Barli.

Sebelumya, langkah Kapolres Kepulauan Meranti ini mendapat apresiasi dari Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Meranti. Ruslan, Ketua Granat Kabupaten Kepulauan Meranti mengatakan, langkah pihak Polres Kepulauan Meranti patut patut ditiru oleh intansi lainnya, termasuk intansi Pemkab Kepulauan Meranti karena telah berani transparan kepada masyarakat.

Ruslan berharap, kedepan Mapolres Kepulauan Meranti bisa tetap konsisten memerangi narkoba di Meranti. Untuk itu, Mapolres Kepulauan Meranti perlu upaya nyata untuk mempersempit jaringan pengguna dan pengedar narkoba.

“Kami menunggu langkah konkret Mapolres Kepulauan Meranti untuk memberantas narkoba di kota sagu ini,” ujar Ruslan./cr

Iklan

1 Response »

Trackbacks

  1. Waduh, 3 Personil Polres Meranti Kembali ditemukan Positif Konsumsi Narkoba – www.detikriau.org

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s