Tajam, Dipercaya, Independent

BPBD Inhil Terima Penghargaan Pembentukan Desa Tangguh Bencana dari Pemprov Riau

Kepala BPBD Inhil H Yusfik SH

Kepala BPBD Inhil H Yusfik SH

Tembilahan, detikriau.org – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir menerima penghargaan Pembentukan desa tangguh bencana tahun 2016 dari Pemerintah Provinsi Riau.

Penghargaan yang diterima langsung  oleh kepala pelaksana (kalaksa) H. Yusfik. SH di Pekanbaru ini diberikan karena BPBD Kabupaten Indragiri Hilir dinilai telah berkontribusi menekan titik api yang tersebar disejumlah wilayah indragiri hilir sepanjang tahun 2016 dan telah memberikan edukasi kepada masyarakat seperti membentuk desa tangguh bencana.

“Keberhasilan ini dapat kita raih melalui kerjasama dengan berbagai pihak, seperti TNI dan Polri serta masyarakat,” Kaya Yusfik, rabu (28/12/2016)

DIsamping itu ditambahkan Yusfik, pihaknya selalu melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat memahami dan terlibat langsung dalam pencegahan dan penanggulangan Karlahut, bahkan sudah ada beberapa desa yang dibentuk kelompok yang didik dan diberi peralatan guna mengantisipasi tindakan awal menjelang tim dari BPBD sampai di lokasi.

“Tim tersebut ditetapkan sebagai desa tangguh bencana dan pada tahun 2017 nanti akan kita lanjutkan pembentukan di desa-desa lainnya yang rawan karlahut , apalagi pada tahun 2017 diperidiksi oleh BMKG akan terjadinya cuaca yang ekstrim.  Untuk itu tentu perlu upaya yang kita lakukan jauh lebih baik,” Imbuh Yusfik

Selain pemberian penghargaan kepada BPBD se-Provinsi Riau sesuai prestasi dan kategori yang berbed yang dinilai memiliki kinerja dalam menanggulangi dan mencegah bencana sepanjang 2016, untuk kategori perusahaan  didapatkan oleh PT. RAPP.

Penghargaan kepada perusahaan ini diberikan sebagai wujud kepedulian dan komitmennya dalam penanggulangan Karlahut.

Selain berkontribusi dalam pemadaman dengan mengerahkan helikopter dan pemadaman melalui jalur darat, RAPP juga telah membentuk desa siaga api dengan memberikan pemahaman dan keahlian kepada masyarakat desa terkait Karlahut.

Yuspik juga menghimbau dan berharap perusahaan- perusahaan yang beroperasional di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir yang telah membantu dalam upaya pencegahan Karlahut tetapi mungkin belum maksimal sdiharapkan kedepannya dapat mencontoh apa yang telah dilakukan oleh PT. RAPP./rls

Iklan

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s