Tajam, Dipercaya, Independent

BP3AKB Inhil Gelar Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

asisten-1-setda-inhil-menyampaikan-sambutan-saat-membuka-pelatihan-pemberdayaan-ekonomi-keluarga-bagi-uppks TEMBILAHAN (detikriau.org) – Badan Perberdayaan Perempuan Perlidungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) menggelar pelatihan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula hotel Inhil Pratama Tembilahan yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Kabupaten Inhil, Afrizal dan dihadiri Kepala BP3AKB Inhil serta sejumlah pejabat lainnya.

Pelatihan itu ditujukan kepada kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) se-Kabupaten Inhil dari tanggal 13 sampai 16 Desember 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 95 orang dan ditambah petugas lapangan 8 orang yang menghadirkan seorang narasumber dari BKKBN Provinsi Riau.

Asisten I mengatakan, pembangunan keluarga merupakan upaya menyeluruh dan terpadu yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan keluarga untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat melakukan fungsinya secara optimal. Dimana, hal tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Dalam pembangunan keluarga itu, lanjutnya, selalu dilakukan pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dengan kondisi kualitas keluarga yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, sosial budaya, kemandirian keluarga dan mental spritual serta nilai-nilai agama.

Beberapa upaya pembangunan tersebut merupakan dasar untuk mencapai keluarga sejahtera, untuk mewujudkan kualitas keluarga tersebut perlu di topang oleh dua  tiang utama yaitu keluarga kecil agar bebannya tidak terlalu berat dan keluarga sejahtera dengan ekonomi yang kuat.

“Sebagai mana kita ketahui bahwa kegiatan kelompok UPPKS adalah kiat-kiat yang efektif dalam usaha pemberdayaan ekonomi keluarga terutama bagi anggota-anggota yang tergabung dalam kelompok UPPKS. Untuk mewujudkannya, maka perlu diadakan pelatihan dengan tujuan dapat memahami dari berbagai sisi,” kata Afrizal.

Diantara pemahaman yang diperlukan itu adalah peran dan fungsi secara teknis dalam mengelola usaha kelompok UPPKS di wilayah binaan, mampu mengintegrasikan berbagai program sosial ekonomi kemasyarakatan dengan perogram KB serta meningkatkan pembinaan kelompok UPPKS dan menjadi motivator program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga./Mirwan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s