Tajam, Dipercaya, Independent

Inhil Terima Bantuan Alat Pengolahan Kelapa Terpadu

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendapatkan bantuan peralatan pengolahan kelapa terpadu dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Prosesi penyerahan bantuan  dipusatkan di halaman PAUD Mutiara Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas, Rabu (7/12/2016) kemarin. Saat itu dihadiri Asisten II Setda, Rudiansyah, Kepala BPMPD, H Yulizal, sejumlah Pejabat Eselon dan Camat Kempas, R Arliansyah.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima peralatan pengolahan kelapa terpadu oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang diwakili Direktur PSDA dan PSD TTG, Supriadi kepada Kepala Desa (Kades) Sungai Ara, H Fauzi.

Usai serah terima, dilanjutkan dengan penguntingan pita tanda dimulainya peresmian Unit Pengelolaan Kelapa Terpadu BUMDes Sumber Rezeki oleh Direktur PSDA dan PSD TTG Kemendes RI, Supriadi, yang didampingi Asisten II Setda, Kepala BPMPD, Camat Kempas dan Kades Sunga Ara.

Asisten II Setda, Rudiansyah menyatakan sangat menyambut baik dengan adanya bantuan tersebut, karena sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Inhil merupakan penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

“Dengan adanya bantuan peralatan ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan maksimal, sehingga produksi kelapa bernilai tambah dan perekonomian masyarakat meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang diwakili Direktur PSDA dan PSD TTG, Supriadi menjelaskan, salah satu tugas dari Kementerian Desa adalah melakukan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, dengan memerikan bantuan peralatan pengelolaan kelapa terpadu.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Inhil, karena peralatan ini bisa mengcover bahan baku berupa kelapa yang ada di sekitar Desa Sungai Ara,” terangnya.

Apalagi, peralatan tersebut bisa menghasilkan beberapa turunan dari kelapa, seperti Produk PCO, minyak kelapa, asap cair, sabut kelapa dan produk-produk yang berbahan sabut kelapa.

“Kita juga akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat, baik dari segi produksinya maupun pemasarannya melalui BLK Provinsi Riau,” imbuhnya./mirwan

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s