Tajam, Dipercaya, Independent

Buka Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Tempurung Kelapa, Dianto Harapkan Peserta Bersungguh-sungguh

Kadiskop UMKM Inhil DR H Dianto Mampanini SE MT

Kadiskop UMKM Inhil DR H Dianto Mampanini SE MT

Tembilahan, detikriau.org – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir DR H Dianto Mampanini SE MT berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah dapat mengikutinya dengan bersungguh-sungguh.

Dengannya diharapkan bekal ilmu keterampilan yang didapat akan menjadi daya dorong bagi masyarakat khususnya peserta pelatihan sebagai salah satu sumber usaha dan memberikan tambahan penghasilan.

“Manfaatkan kesempatan-kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, serap dan ikuti seluruh kegiatan pelatihan-pelatihan dengan bersungguh-sungguh agar dapat memberi manfaat,” Ujar Dianto dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan kerajinan rumah tangga pemanfaatan tempurung kelapa untuk souvenir dan penghias mebel tajaan Diskop UMKM Provinsi Riau disalah satu Hotel di Jalan Lingkar Tembilahan, rabu (7/12/2016)

Dikatakan Dianto, sebagai daerah sumber penghasil kelapa terbesar, bahan baku tempurung tersedia secara melimpah. Selama ini kebanyakan masyarakat baru memanfaatkan produk sampingan buah kelapa ini sebagai arang tempurung yang diolah dengan cara sederhana sehingga nilai ekonomisnya masih sangat rendah.

Dengan pelatihan ini, dengan bekal ilmu yang didapat, iya meyakini  tempurung kelapa yang cenderung masih dikategorikan limbah perkebunan di Kabupaten Inhil ini akan dapat diolah menjadi sesuatu yang berharga dan memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Syaratnya tentu harus bersungguh-sungguh agar transfer ilmu itu dapat diserap dengan baik,” Tekankan Dianto

Diskop UMKM Inhil menurutnya tidak akan pernah berhenti memberikan dorongan dan melakukan pantauan agar segala usaha yang dilakukan ini akan memberikan dampak positif khususnya bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jika penilaian kita nantinya kelompok-kelompok peserta yang mengikuti pelatihan hari ini serius kita akan memberikan dukungan misalnya dengan memberikan bantuan peralatan-peralatan yang dibutuhkan,” Motifasinya.

Sementara itu ketua panitia pelaksana pelatihan Diskop UMKM Provinsi Riau, M Lungga menerangkan bahwa sebelum di Kabupaten Inhil, pihaknya juga sudah melakukan pelatihan serupa di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bagan Siapiapi.

Untuk kegiatan yang dilaksanakan di Kab Inhil kali ini menurut Kasi Usaha Kecil Diskop UMKM Provinsi Riau ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terbagi dalam 4 kelompok. Kepada peserta selama pelatihan, biaya penginapan ditanggung oleh pemerintah termasuk diberikan bantuan Akomodasi dan konsumsi, uang saku serta fasilitas administrasi yang dibutuhkan selama pelatihan.

“Peserta atas permintaan kita tapi merupakan rekomendasi dari Dinas Koperasi setempat,” sampaikan Lungga.

Kegiatan pelatihan ini menurutnya dilaksanakan selama 6 hari penuh sejak tanggal 6 – 11 Desember 2016 dengan menghadirkan tenaga pelatih dari Solo

“Semalam kegiatan sudah kita mulai dengan pembentukan kelompok dan pengenalan beberapa peralatan kepada peserta pelatihan. Pembukaannya yang baru dilakukan hari ini.” Tutupnya./dro

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s