Tajam, Dipercaya, Independent

Diminta Berhenti, Kontraktor Pelaksana Paket 2 Ngotot Tetap Lanjutkan Pekerjaan

Tembilahan, detikriau.org – Pekerjaan proyek peningkatan badan jalan dari sungai dusun menuju sungai piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir dilaksanakan tidak sesuai aturan dan serampangan.

Bahkan teguran yang disampaikan oleh Konsultan Pengawas PT. Wandra Cipta Engineering Consultant tidak pernah digubris.

“Seingat saya setidaknya sudah 7 atau 8 kali kita layangkan surat teguran agar kontraktor pelaksana memenuhi semua ketentuan dalam pengerjaan. Tapi tidak pernah digubris. Pekerjaan masih tetap dilanjutkan,” Jawab Konsultan pengawas, Sadak dikomfirmasi detikriau.org melalui sambungan selularnya, sabtu (3/12/2016) kemaren.

Hari ini dilapangan, dilanjutkan Sadak, kontraktor pelaksana tidak pernah mengindahkan aturan-aturan sesuai dengan spesifikasi, artinya melanggar ketentuan-ketentuan dalam pembayaran.

Dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan semestinya ada kelengkapan-kelengkapan yang  terlebih dahulu harus dipenuhi. Misalnya penghamparan lapis agregat base kelas C harusnya dilakukan dulu tes kepadatan termasuk tes untuk mengetahui ketebalan.

“Kualitas dan kuantitas harus sesuai ketentuan. Itu acuannya,”Tegas Sadak.

Dalam pekerjaan pembetonan, juknisnya juga ada. Salah satunya misalnya apakah campuran material yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan.

“Kontrol kita disitu. Saya nilai mereka tidak mematuhi aturan juknis. Pekerjaan mereka lakukan tanpa mengindahkan ketentuan. Mereka bekerja semaunya sendiri,” Ungkap sesal Sadak.

“Kami merasa tidak dihargai. Sebagai pihak pengawas kami harus memastikan bahwa seluruh pekerjaan dilaksanakan sesuai ketentuan. Apalagi semua dampak kedepannya kami pasti akan ikut bertanggungjawab.” Tuntas Sadak

Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Indragiri Hilir, Slamet Darsono dikonfirmasi melalui sambungan selularnya, sabtu (3/12/2016)-pun tidak membantah.

Dikatakan Slamet, sesuai surat yang disampaikan oleh Konsultan Pengawas terkait belum dilakukannya tes kepadatan dan tes ketebalan, pihaknya juga sudah melayangkan surat kepada Kontraktor Pelaksana agar pekerjaan dihentikan tapi juga tidak digubris.

Pihak kontraktor pelaksana menurutnya tetap ngotot dan keras kepala untuk tetap melanjutkan pekerjaan.

“Paket 2 itu perang aja yang tidak, berkelahi saja yang tidak. Berkali-kali kita lakukan teguran juga tidak diindahan. Tapi kita pastikan tidak akan mentoleransi pekerjaan yang tidak sesuai ketentuan.  konsultas pengawas juga sudah sepakat untuk bekerja sesuai aturan.” Pertegas Slamet

Diyakinkannya, pembayaran hanya diberikan untuk pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan sesuai ketentuan.

Proyek Pekerjaan peningkatan badan jalan dari Sungai Dusun menuju Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir merupakan 1 dari 8 paket pekerjaan yang didanai melalui DAK APBN 2016.

Proyek pekerjaan dengan harga penawaran sebesar Rp 17,176 miliar dilaksanakan oleh PT Mustika Mirah Makmur beralamat Gd. Menara Jaya Lt.5 Jl. Warung Buncit Raya RT 006/03 No.21 Kel. Kalibata, Kec. Pancoran Jakarta Selatan.

Hingga berita ini dirilis, detikriau.org belum mendapatkan komfirmasi dari pihak kontraktor pelaksana./dro

Iklan

Tagged as: , , , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s