Tajam, Dipercaya, Independent

Dinas Koperasi Terus Upaya Tingkatkan Pembinaan Pada UMK

Kadiskop UMKM Inhil H Dianto Mampanini saat melakukan penyerahan bantuan mesin jahit dan obras kepada pelaku UMK baru-baru ini di Tembilahan

Kadiskop UMKM Inhil H Dianto Mampanini saat melakukan penyerahan bantuan mesin jahit dan obras kepada pelaku UMK baru-baru ini di Tembilahan

Tembilahan, detikriau.org – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Indragiri Hilir terus meningkatkan pembinaan kepada pelaku usaha kecil di daerah itu, sehingga nantinya benar-benar siap dan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan .

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Inhil H Dianto Mampanini SE MT di Tembilahan mengatakan, untuk meningkatkan daya saing bagi para pelaku UMKM, mereka memberikan pembinaan berupa berbagai pelatihan dan sosialiasi.

Beberapa pelatihan yang diberikan di antaranya pelatihan administrasi, manajemen keuangan maupun peningkatan kualitas produk yang dihasilkan sehingga mampu memikat perhatian konsumen.

Misalnya, kata Dianto, baru-baru ini Dinas Koperasi dan UMKM memberikan pelatihan kepada kelompok usaha kecil dibidang keterampilan menjahit dan pembuatan gula semut.

“Pembinaan terhadap UMKM itu adalah tugas kita dan akan terus ditingkatkan. Dengannya diharapkan nantinya  mereka benar-benar mampu bertahan dan terus mengembangkan usahanya. Pelatihan maupun sosialisasi kita berikan secara bergiliran,” kata Dianto kemaren.

“Disamping itu kita juga memberikan dukungan dengan menyalurkan bantuan-bantuan peralatan produksi”

Dewasa ini, lanjut dia, UMKM di Inhil berkembang cukup pesat, sebagian besar didominasi usaha kuliner dan kerajinan tangan.

Tingginya masyarakat yang menjadi pelaku UMKM, tentunya dinilai cukup positif, karena selain mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, juga mampu membangun perekonomian.

“Pengalaman sudah membuktikan bahwa UMKM merupakan salah satu solusi menghadapi krisis ekonomi dan juga mampu menekan tingginya angka pengangguran,” Akhirinya/adv/dro

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s