Tajam, Dipercaya, Independent

Jantung Pisang, Manfaatnya Lebih Mengejutkan dari Buah Pisang

Detikriau.org – Di Indonesia, jantung pisang bisa dibuat berbagai macam olahan. Mulai dari tumis jantung pisang hingga sayur jantung pisang kuah santan. Rasanya yang unik memang jadi favorit sendiri. Tapi apa sih manfaat mengonsumsi jantung pisang?

Mungkin selama ini kita mengira kalau manfaat jantung pisang tak lebih baik dari manisnya buah pisang. Tapi ternyata jantung pisang punya berbagai macam manfaat positif. Khususnya lagi bagi wanita yang sedang haid dan ibu menyusui. Selengkapnya, yuk langsung ikuti infonya di sini.

Mengatasi Konstipasi
Jantung pisang kaya akan serat. Tubuh sangat membutuhkan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi jantung pisang bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Konstipasi? Nggak lagi deh.

Memperlancar Haid
Pernah nyangka nggak kalau jantung pisang bisa bantu memperlancar haid? Seperti yang dikutip oleh lifehack.org, jantung pisang dapat membantu meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh wanita. Progesteron ini merupakan hormon yang mengatur fungsi-fungsi tubuh yang penting dan berkaitan dengan mengatur siklus haid, menjaga kehamilan, dan menyiapkan tubuh untuk konsepsi.

Bisa Memperlancar ASI
Seperti yang sudah disebutkan di atas, mengonsumsi jantung pisang bisa bantu meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh, Bagi ibu menyusui, kadar progesteron yang tinggi ini dibutuhkan untuk menstimulasi kelenjar penghasil air susu pada ibu hamil. ASI jadi lancar dan si kecil pun bisa mendapat asupan gizi dan nutrisi yang baik.

Mengatasi Anemia
Jantung pisang dikenal bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan zat besi. Seperti yang dikutip oleh WebMD, zat besi adalah komponen dari hemoglobin yang merupakan kandungan dari sel-sel darah merah. Hemoglobin digunakan untuk mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi-fungsi tubuh kita karena kondisi tubuh bisa memburuk kalau kekurangan zat besi. Dan hal ini bisa menyebabkan anemia. Dengan mengonsumsi jantung pisang, diharapkan kadar hemoglobin dalam tubuh kembali stabil dan anemia bisa diatasi.

Mencegah Terjadinya Infeksi
Jantung pisang secara alami bisa mencegah infeksi karena ekstrak kandungannya yang berbasis etanol. Ekstrak ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri patogenik yang dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi Stafilokokus dan radang tenggorokan.

Menghilangkan Bad Mood
Lagi bad mood atau sedang stres? Coba deh konsumsi jantung pisang. Jantung pisang ini berfungsi sebagai anti depresi alami. Kandungannya yang kaya magnesium bisa bantu meningkatkan mood kalau dikonsumsi. Magnesium ini punya fungsi untuk meredakan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

Mencegah Masuknya Radikal Bebas di Dalam Tubuh
Jantung pisang mengandung metanol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Sehingga bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas ini menyerang sel-sel sehat dan bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit liver, dan penuaan dini.

Jantung pisang yang kaya akan vitamin dan mineral ternyata punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Asal bisa diolah dengan tepat menjadi menu lezat, menu olahan jantung pisang bakal jadi favorit./vemale.com

Iklan

Tagged as: , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s