Tajam, Dipercaya, Independent

Dianto mampanini: Ini Hambatan Kembangkan Usaha Mikro dan Kecil

Kadiskop UMKM Inhil, H Dianto Mampanini saat menyampaikan arahan

Kadiskop UMKM Inhil, H Dianto Mampanini saat menyampaikan arahan

Tembilahan, detikriau.org – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir, H Dianto Mampanini menjelaskan ada beberapa persoalan yang saat ini dihadapi dalam upaya pengembangan Usaha Mikro dan Kecil .

Persoalan-persoalan ini disampaikan Dianto disela penyampaian amarannya saat membuka pelatihan Menjahit disalah satu Wisma di Kota Tembilahan ini diantaranya adalah masalah minimnya keterampilan sumberdaya manusia.

Mengatasi persoalan ini, Pemkab Inhil melalui Dinas Koperasi dan UMKM mengupayakan dengan memberikan berbagai bentuk pelatihan. Setelah mendapatkan pelatihan, agar mampu lebih mengembangkan usahanya, Dianto juga berpesan untuk tidak pernah berhenti berusaha dengan menggali tambahan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber.

Persoalan berikutnya menurut Dianto adalah masalah Teknologi. Dalam hal ini adalah peralatan-peralatan produksi yang menunjang dalam setiap usaha. Jika saat ini masih mempergunakan peralatan manual, kedepannya diharapkan bisa diupayakan dengan peralatan yang semi otomatis.

“Artinya untuk maju harus ada kemauan dan cita-cita yang kuat. Semua itu sudah menjadi tuntutan jaman. Jika kita tidak mampu bersaing maka kita akan kalah.” Ingatkan Dianto.

Persoalan lainnya ditambahkan mantan kadis CKPR Inhil ini adalah masalah pemasaran. Pemasaran salah satunya tergantung kepada pelayanan dan kualitas produk. Misalnya kita sudah memiliki kualitas yang baik, maka konsumen pasti akan bertahan dan tidak menutup keungkinan akan semakin berkembang.

“terakhir adalah masalah keterbatasan permodalan. Namun untuk masalah ini kita sudah menjalin MoU dengan beberapa lembaga perbankan. Jika memang usaha kita layak, pasti akan dibantu walaupun tanpa adanya agunan,” Tekankannya mengakhiri./dro

Iklan

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s