Tajam, Dipercaya, Independent

Dianto Ajak Pelaku UKM Lirik Kembangkan Potensi Produk Olahan Perikanan

Gambar ilustrasi masyrakat mengolah ikan sebagai bahan pengolahan kerupuk

Gambar ilustrasi masyrakat mengolah ikan sebagai bahan pengolahan kerupuk

Tembilahan, detikriau.org – Tidak hanya disektor perkebunan, sebagai daerah pesisir, Kabupaten Inhil juga kaya akan dengan sumber hasil perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan hasil budidaya.

Selama ini untuk mendapatkan penghasilan kebanyakan masyarakat masih menjual hasil perikanan secara langsung dan hanya sedikit yang berinsiatif memproduksi lebih lanjut untuk meningkatkan nilai jual.

Oleh karenanya Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir DR H Dianto mampanini SE MT, mengajak pelaku UKM untuk memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan tambahan sumber penghasilan.

Menurutnya, pelaku UKM harus bisa menghasilkan produk yang dicintai konsumen. Produk tersebut tentu saja harus memiliki mutu yang baik, aman dikonsumsi, tersedia secara berkesinambungan, berdaya saing secara ekonomis, serta sesuai dengan selera masyarakat.

“Diversifikasi olahan dan pemanfaatan segala bentuk sumberdaya perikanan harus dapat kita upayakan secara maksimal,” jelasnya.

Produk olehan pelaku UKM dengan memanfaatkan hasil perikanan saat ini mulai banyak dikembangkan masyarakat seperti olahan kerupuk ikan.

Kedepan ia berharap akan semakin banyak diversifikasi olahan produk perikanan. Disamping rasa, Dianto juga menyarankan untuk memperhatikan sisi kemasan.

“Kemasan adalah tampilan pemikat awal yang bisa menumbuhkan minat beli konsumen. Karenan kemasan haruslah diperhatikan,” tambahkan Dianto./dro

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s