Tajam, Dipercaya, Independent

H Dianto Mampanini Pinta Petugas Evaluasi Database Koperasi dan UMKM Bekerja Dengan Benar

Kepala Dinas Koperasi H Dianto Mampanini (dua dari kiri) saat membuka resmi kegiatan Rakor Persiapan Updating Database Koperasi dan UMKM di Aula salah satu Hotel di Kota Tembilahan, senin (7/11/2016)

Kepala Dinas Koperasi H Dianto Mampanini (dua dari kiri) saat membuka resmi kegiatan Rakor Persiapan Updating Database Koperasi dan UMKM di Aula salah satu Hotel di Kota Tembilahan, senin (7/11/2016)

Tembilahan, detikriau.org – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Indragiri Hilir, H Dianto Mampanini SE MT meminta kepada seluruh petugas yang nantinya akan melakukan Evaluasi Database Koperasi secara langsung dilapangan untuk bekerja dengan benar dan sesuai petunjuk yang telah diberikan.

Dengan terkumpulnya akurasi data yang lengkap diharapkan akan memberikan kemudahan dalam melakukan pembinaan.

Menurut Dianto, berdasarkan data yang disampaikan PPKL, diseluruh Inhil terdata sebanyak 146 Koperasi Aktif dan 331 koperasi tidak aktif.

“Ini yang coba kita lakukan verifikasi ulang. Jika dilihat dari data ini, jumlah Koperasi aktif lebih sedikit dibandingkan dengan Koperasi tidak aktif. Kita ingin dapatkan data selengkap-lengkapnya mengenai hal ini karena hasilnya akan menjadi pedoman bagi kita untuk melakukan berbagai langkah upaya pembinaan terhadap Koperasi dan UMKM di Inhil kedepannya, ” Sampaikan Kadiskop UMKM Inhil, H Dianto Mampanini kepada detikriau.org usai membuka resmi kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Updating Database Koperasi dan UMKM di Aula salah satu Hotel di Kota Tembilahan, senin (7/11/2016)

Dalam verifikasi ulang, ditambahkan Mantan Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Rakyat Inhil ini, Diskop akan mengumpulkan data Valid. Dilapangan akan dikumpulkan data akurat terutama terhadap koperasi yang tidak aktif. apakah Koperasi-Koperasi yang tidak aktif itu disebabkan pengurusnya atau dikarenakan aktifitasnya yang memang tidak ada.

Terhadap Koperasi yang tidak aktif, nantinya petugas akan memintakan Justifikasi dari Kepala Desa atau Kelurahan setempat. Setelahnya Diskop akan mengambil sikap dengan memasukkan koperasi-koperasi yang benar-benar tidak aktif ini kedalam usulan untuk dibekukan.

Kedepannya ia berharap Koperasi-Koperasi yang terdata tidak lagi banyak dari perhitungan jumlah tetapi lebih kepada kualitas. “Makanya saya meminta agar petugas pendata melaksanakan pendataan secara efektif untuk mengumpulkan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” Tegas Dianto

Masih menurut Dianto, hingga saat ini, dari total seluruh Koperasi yang terdata, hanya 62 Koperasi yang sudah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Minimnya pelaksanaan RAT oleh Koperasi ini menurutnya bisa dikarenakan koperasi-koperasi tersebut memang tidak ada aktifitas atau bisa juga disebabkan kelemahan atau ketidakmampuan pengurus dalam menyajikan laporan.

Oleh karenanya, Diskop UMKM Inhil telah membuat suatu aplikasi system informasi manajemen koperasi untuk mengatasi persoalan bagaimana membuat laporan akuntasi bagi koperasi.

“melalui sistem ini nantinya pengurus koperasi akan mampu menyediakan bahan laporan dalam melaksanakan RAT.” Akhiri Dianto.

Rapat Koordinasi Persiapan Updating Database Koperasi dan UMKM yang dilaksanakan Diskop UMKM Inhil ini diagendakan selama 2 hari terhitung sejak Senin 7/11/2016 – Selasa 8/11/2016./adv/dro

 

 

 

 

 

 

Tagged as: ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s