Tajam, Dipercaya, Independent

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pramuka SMK An-Nur Kuala Selat Gelar Upacara Bendera “Berbasah-Kuyup”

“Sebagai Salah Satu Upaya Kenalkan Potensi Perairan Setempat Bagi Kaum Muda”

KATEMAN (detikriau.org) – Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016, Anggota Pramuka SMK An-Nur Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar upacara bendera. Uniknya, peringatan hari Kebangkitan Kaum Muda Indonesia ini dilaksanakan sembari nyebur di perairan Desa setempat, Jum’at (28/10/2016).

Saat itu meski “berbasah-kuyup”, puluhan anggota pramuka dengan rapi melakukan baris-berbaris dan menaikkan bendera, layaknya upacara pada umumnya.

Kepala SMK An-Nur, Dani Sartika SE MM kepada detikriau.org menyebutkan, berlangsungnya upacara itu tanpa ada persiapan yang maksimal. Artinya, sangat tidak terencana dari sebelumnya.

“Tidak terencana, namun dikarenakan masyarakat sini bergantung pada kehidupan di laut, jadi tidak asing lagi dengan air,” katanya.

Disamping itu, ia juga mengatakan ide upacara “berbasah kkuyup” ini bertujuan mengenalkan perairan Kuala Selat kepada para generasi muda bahwa di perairan tersebut memiliki potensi sumber daya yang sangat melimpah.

“Mereka generasi muda harus tau bagaimana caranya menjaga ekosistem laut serta bagaimana caranya mencintai lingkungan. Artinya, tidak hanya fokus di daratan saja,” tandasnya./Mirwan

Iklan

Tagged as: , ,

"Pengutipan berita harus mencantumkan detikriau.org atau kami akan menuntut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta"

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s