Tajam, Dipercaya, Independent

Upaya Tingkatkan Penghasilan, DTPHP Inhil Dorong Petani Tanam Kedelai dan Jagung

wwiryadiTembilahan (www.detikriau.org) – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir nyatakan akan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani. Salah satunya dengan menggalakkan penanaman kacang kedelai dan jagung.

Menurut kepala DTPHP Inhil, Wiryadi, secara Nasional, kebutuhan terhadap kedua komodity pertanian ini masih belum mencukupi. Oleh sebab itu pemerintah terpaksa melakukan import dari Negara lain. Namun seiring dengan terus meningkatnya nilai tukar dolar terhadap rupiah, jumlah import kedua komodity pertanian ini semakin mengalami penurunan. Akibatnya, harga dipasaran semakin melonjak.

Kondisi ini harusnya bisa menjadi peluang khususnya bagi para petani. Apalagi  alam Inhil juga sangat subur serta cocok untuk melakukan budidaya kedua komodity pertanian tersebut.

“Peluang ini yang terus kita sampaikan kepada petani. Ini sebuah peluang apalgi alam kita mendukung untuk melakukan budidaya komodity ini,” Ujar Wiryadi.

Untuk produk pertanian jagung, Inhil menurut Wiryadi lagi memiliki lahan di Kecamatan Pulau Burung, Teluk Belengkong, Enok, Gaung dan keritang dengan luasan lahan sebanayk 400 hingga 800 Hektar. Demikian juga untuk Kacang kedelai. Saat ini komodity ini sudah mulai banyak diusahakan petani seperti  Desa bagan jaya, Rumbai Jaya dan Karya Tunas Jaya. Yang perlu menjadi catatan, petani harus mampu memperediksi terjadinya perubahan iklim yang ekstrim saat tanam.

“yang juga sangat penting, salah satunya menyangkut ketersediaan benih kacang kedelai. Untuk komodity jagung sama sekali tidak ada masalah karena memang lahan inhil sangat cocok untuk budidaya komodity pertanian ini,”Sampaikan Wiryadi.(dro)

Tulis Komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: