Tajam, Dipercaya, Independent

Rekapitulasi DPT Pilkada Inhil. Pemilih Diperkirakan Sejumlah 500 Ribuan

Ketua Pokja Pencalonan KPUD Inhil, Herdian Asmi, SH.,MH

Ketua Pokja Pencalonan KPUD Inhil, Herdian Asmi, SH.,MH

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) inhil.

Menurut Ketua Pokja Pencalonan KPU Inhil, H Herdian Asmi SH, proses rekap DPT pilkada Inhil guna mengetahui angka pasti DPT tersebut. Jika angka itu sudah final dan tidak ada masalah maka KPU akan langsung mengumumkanya.

“PPK kita sudah menggelar pleno di tingkat kecamatan masing-masing. Jadi melalui pertemuan ini mereka (PPS, red) melaporkan berapa jumlah DPT per TPS, Desa dan per Kecamatan,” jelas Herdian, kemaren.

Dia belum bisa menyebutkan berapa angka pasti DPT  Pilkada Inhil, sebab masih dalam proses rekap oleh tim dan seluruh PPK. Namun kalaupun terjadi perubahan dari DPS yang jumlahnya 487.049 tidak akan terlalu tinggi. Yakni sekitar 500.000 an.

“Ada dibeberapa tempat jumlah DPT-nya kurang dari jumlah DPS dan ada pula yang lebih. Tapi menurut estimasi, sekitar lima ratus ribuan,”tutur Herdian.

Ia mengatakan, rekapitulasi DPT memang dilakukan mulai tingkat yang paling bawah yakni tingkat TPS untuk memastikan semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih benar-benar tercatat sebagai pemilih Pilkada Inhil September mendatang.

“Setelah kami plenokan di tingkat kabupaten baru jumlah DPT bisa tergambar dan akan diumumkan pada 22 Juli mendatang,” jelasnya.

KPU sebagai lembaga independen yang melaksanakan Pilkada akan bertindak sesuai dengan aturan yang ada. Karena itu, bagi yang tidak puas dengan hasil rekapitulasi nanti, sudah ada jalurnya dan dipersilahkan untuk menyampaikan.(dro/*1)

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 673 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: