Tajam, Dipercaya, Independent

HATI-HATI PILIH INVESTASI

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Aktivis Masyarakat Peduli Inhil (MPI), Tengku Suhandri meminta masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih investasi. Keberadaan perusahaan investasi dana dengan menjanjikan keuntungan berlipat ganda dalam waktu singkat menurutnya patut untuk dicurigai.

“Perusahaan-perusahaan investasi dengan janji keuntungan yang sangat mengiurkan semakin marak. Saya yakin siapa saja pasti akan tergiur dengan janji yang mereka berikan. Hanya saja yang patut kita pertanyakan apakah keuntungan yang mereka janjikan ini bisa diterima secara logika dan seberapa lama perusahaan investasi seperti ini mampu untuk bertahan?.” Ujar Comel panggilan akrab aktivis MPI ini ketika bertemu detikriau.org di Tembilahan, Ahad (8/7)

Berdasarkan informasi yang diterima Comel, sebuah perusahaan Investasi menawarkan Nilai investasi sebesar Rp. 12 juta (Nilai investasi ini mereka istilah untuk satu lot). Dengan keuntungan pada empat puluh hari pertama sebesar Rp. 5 juta atau sebesar 41,6 persen. Kemudian pada bulan berikutnya, Nilai Investasi dipotong sebesar Rp. 1 juta.

Dengan sisa Investasi sebesar  Rp. 11 juta, investor akan menerima keuntungan sebesar Rp. 4 juta atau sebesar 36,36 persen setiap empat puluh hari berikutnya.

Nilai keuntungan rata-rata sebesar 38 persen ini tentunya keuntungan yang sangat fantastis dari sebuah nilai investasi. Dijelaskan Comel kemudian, dengan investasi Rp. 12 juta, dalam empat bulan pertama  saja sudah Break Event Point (BEP), Kalau ini benar, menurutnya tentu sebuah janji keuntungan yang sangat menggiurkan. Comel mempertanyakan bisnis seperti apa yang bisa mereka kelola untuk mendapatkan keuntungan diatas 40 persen agar mampu tetap bertahan hidup.

“Saya himbau masyarakat untuk waspada dan hitung-hitungan secara logika saja terkait investasi seperti ini sehingga tidak sampai terjerumus, bahkan dirugikan,” Kata Comel sambil mengatakan hal ini harus ia sampaikan karena akhir-akhir ini di kota Tembilahan semakin banyak perusahaan penghimpun dana maupun meyalurkan dana dengan keuntungan diluar logika.

Menurut Comel, untuk menghindari resiko kehilangan uang dari tawaran investasi setidaknya ada bebeberapa pertimbangan yang dapat dipergunakan.

Pertama, jika investasi yang berani memberikan garansi keuntungan dengan jumlah tertentu secara rutin, maka seorang investor sebaiknya berhati-hati karena menurutnya, keuntungan dari suatu bisnis secara umum tidak dapat ditentukan secara pasti. Bisa turun dan juga bisa naik. “terlebih jika keuntungan yang dijanjikan begitu besar dalam waktu singkat. Anda patut untuk curiga,” Pesan Comel.

Kedua, Investasi dipromosikan sebagai investasi tanpa resiko. Dinilainya promosi seperti ini juga patut dicurigai karena menurut Comel setiap investasi pasti mempunyai resiko finansial.

Yang ketiga menurut Comel kalau anda menemukan penawaran investasi yang tidak jelas produknya dan selalu menekankan untuk mencari downline maka hampir bisa dipastikan ini adalah sebuah skema permainan uang. “Ini pun biasanya hanya bertahan beberapa saat saja sebelum pembayaran keuntungan berhenti dengan sendirinya. Alasannya mudah, karena pemasukan dari member baru sudah tidak bisa lagi membiayai pembayaran “keuntungan” upline. Dengan skema permainan uang seperti ini, maka member baru akan selalu merugi karena selalu menghidupi atasanya.”Tambah Comel.

Diakhir kalimat Comel berpesan, setiap melakukan investasi harus memiliki kejelesan akad secara hukum termasuk kejelasan badan hukum perusahaan tempat dimana kita akan menanamkan investasi. “ Saya sudah pernah mempertanyakan persoalan ini ke polres Inhil, hanya saja saat itu disebutkan bahwa sampai saat itu belum ada pihak-pihak yang melaporkan telah dirugikan akan adanya investasi sejenis ini,” Pungkas Comel. (fsl)

Tagged as: ,

1 Tanggapan »

  1. suaiiiiiiiiii…………

    Like this

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: