Tajam, Dipercaya, Independent

DTPHP INHIL GELAR PERTEMUAN DENGAN PENGUSAHA KILANG PADI

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir melakukan pertemuan dengan pengusaha kilang padi Desa Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Kegiatan ini dimaksudkan guna memberikan pembekalan ilmu kepada pengusaha kilang padi agar mampu memproduksi beras dengan kualiatas yang memiliki daya saing.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala DTPHP Inhil, Wiryadi melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil (P2H), Usman S.Sos lewat sambungan telepon selular, Ahad (1/7/2012).”Dengan memahami proses pengolahan yang baik tentunya kualitas beras yang nantinya dihasilkan juga akan baik. Kita berharap, kualitas beras yang baik ini akan dapat meningkatkan daya saing beras kita dipasaran,” Jelas Usman kepada Www.detikriau.org.

Untuk tahap awal menurut Usman, hasil produksi beras ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir. Kepada pengusaha juga diharapkan menjalin kemitraan dengan para petani dalamhal memenuhi beberapa kebutuhan petani seperti bibit, pupuk dan pestisida.

“Untuk mendapatkan kualitas beras yang mampu berdaya saing, tentunya beberapa tahapan pasca panen mulai dari pengumpulan padi, penumpukan, perontokan, pembersihan, pengangkutan, pengeringan, penggilingan, penyimpanan dan pengemasan harus dilakukan sesuai standar yang dimintakan.” Jelas Usman.

Dalam kesempatan ini, untuk menumbuhkembangkan usaha, pengusaha kilang juga diharapkan dapat menjalin kemitraan dengan pihak bulog dan perbankan.”Dengan menjalin kemitraan dengan bulog maka akan dapat menjamin pemasaran. Perbankan tentu untuk memenuhi kebutuhan permodalan.” Tutup Usman.

Disamping dihadiri oleh 20 orang pengusaha kilang padi desa pulau kijang, pertemuan yang dilakukan di kantor UPT DTPHP Kec Reteh ini juga dihadiri Camat Kecamatan Reteh yang diwakili Sekretaris Kecamatan Reteh. (fsl)

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: